Mengenal istilah-istilah pada joran

joran

Berbicara tentang hobi mancing, spot dan juga umpan  rasanya belumlah lengkap bila kita sendiri tidak tahu apa saja yang ada dalam piranti yang kita bawa. Alat yang kita gunakan sebagai teman dalam mencari buruan ikan di perairan sekitar kita.

Berikut adalah artikel tentang bagian-bagian yang terdapat dalam joran karena piranti ini bisa dikatakan sebagai nyawa utama para pemancing yang terdiri atas bagian sebagai berikut yang akan kita mulai dari batang terbesar atau di pokok terbawah :

Rod butt / penahan joran :

 Ini adalah sebuah benda yang berada di ujung paling bawah dari batang joran. Ada terdapat bermacam bentuk sebagai bagian penahan joran. Ada berbagai bentuk yang dikembangkan oleh para pemancing yang fungsinya untuk memudahkan penempatan joran mulai dari lancip sampai adanya sambungan semacam besi sebagai tancapan.

Handle / pegangan :

Ini adalah bagian yang berfungsi sebagai pegangan joran. Panjang dan pendek saat ini tergantung dari jenis joran yang ada. Untuk joran-joran yang digunakan di pasiran atau laut biasanya pegangan lebih panjang karena menahan beban yang tentunya lebih berat.

Reel seat / dudukan reel :

Ini adalah tempat bersandarnya reel atau penggulung senar pada batang joran di antara batang utama dan pegangan. Reel seat ini biasanya hanya terdapat pada joran-joran yang “modern” seperti joran teleskopik, sambungan dan lainya. Ini biasanya tidak terdapat pada joran jenis tegak atau bamboo yang biasa digunakan untuk memancing di kolam.

Butt/ pegangan atas :

Butt ini biasanya berada di bawah batang utama joran dan di atas reel seat. Ini berfungsi sebagai penahan atau pegangan bagi pemancing. Pada saat khusus bahkan ini bisa berfungsi sebagai pengungkit untuk melawan kekuatan tarikan ikan.

Blank/ batang utama :

Ini adalah batang panjang pada joran yang biasanya terbuat dari bahan fiber, karbon, komposit atau bahkan bamboo. Ini merupakan bagian utama dari joran. Panjangnya berfariasi tergantung kebutuhan atau kegunaannya.

Section :

Ini merupakan bagian-bagian dalam panjangnya joran secara keseluruhan.

Ring guide/ line guide :

Ini adalah ring-ring yang terdapat dalam joran yang berfungsi sebagai keluar masuknya senar atau line PE dalam memancig. Berkuran dari paling besar sampai yang terkecil di ujung joran yang disebut sebagai tip top.

Ferrule :

Ini adalah istilah yang terdapat pada joran yang berjenis sambungan baik sambungan dua, tiga atau di atas julmlah tersebut sebelumnya. Terdiri atas male ferrule dan female ferrule. Ini adalah merupakan bagian untuk menancap antar joran yang satu dengan yang lain dalam ukuran dan bentuk yang telah tersesuaikan sebelumnya.

Demikian kurang lebih istilah-istilah yang terdapat dalam panjangnya joran yang kita gunakan dalam memancing. Semoga bermanfaat. (chip – berbagai sumber)