Mengatasi Penyakit Batu Empedu

batu empdu

Batu Empedu adalah salah satu jenis penyakit yang mungkin sekali sangat jarang diperhatikan banyak orang. Padahal menurut berbagai sumber menerangkan bahwa hampir semua dari kita akan mengalaminya.

Batu empedu ini sendiri adalah keluhan yang terjadi pada saluran empedu atau kandung empedu itu sendiri. Hal ini juga terjadi paling banyak dari akibat terjaadinya sendapan kolesterol. Beberapa kasus juga terjadi dari adanya garam kalsium serta pigmen bilirubin yang mengeras. Namun penyakit yang satu ini sangat jarang memperlihatkan gejala-gejala, hanya paada fase tertentu ini bisa menyebabkan rasa sakit yang menyiksa. Nah, biasanya orag yang terkena batu empedu ini akan mengalami sakit pada saat mengkonsumsi makanan berlemak, batu empedu yang terdapat pada saluran empedu tadi menghambat aliran empedu sehingga menimbulkan sakit di bagian perut atas kanan yang mengarah ke bagian punggung, bagian bahu atas sampai ke dada bagian depan.

Hal tersebut di atas juga oleh akibat dari adanya peradangan oleh pecahan batu-batu empedu dalam saluran empedu yang sekali lagi ini sangat memungkinkan terjadinya penyumbatan aliran empedu yang seharusnya menuju ke saluran pencernaan dengan lancer.

Melihat hal di atas apa saja yang kemudian dapat kita lakukan sebagai usaha mengatasi atau mencegahnya, berikut adalah beberapa yang bisa kita perbuat :

Pola hidup  sehat :

Cara hidup satu ini memang akan sangat berperan dalam hal apapun mulai dari pencegahan penyakit sampai dengan penampilan Anda. Maka jangan ragu-ragu untuk berpola hidup sehat, tidak mengkonsumsi makanan-makanan atau minuman yang dapat menghambat kesehatan tubuh Anda.

Konsumsi makanan mengandung Magnesium :

Makanan-makanan dari berbagai bahan makanan ini yang mengandung banyak magnesium ini bisa menjadi salah satu bahan yang menekan terjadinya penyakit batu empedu. Makanan-makanan yng bisa kita temukan banyak sekali di Nusantara ini seperti sayuran bayam, alpukat, kacang mede, pisang, dan lainnya.

Mengkonsumsi buah apel :

Buah-buahan yang bisa menjadi pembantu menekan dan mengobati penyakit satu ini. Cukup dengan mengkonsumsi. Ini berfungsi sebagai salah satu bahan pencuci atau pembersih saluran/kandung empedu. Bisa dengan cara mengkonsumsi langsung atau membuatnya menjadi jus apel.

Demikian beberapa cara di antara banyak cara yang saya coba rangkum dari berbagai sumber untuk Anda yang semoga bisa membantu Anda dan kita dalam menjaga kesehatan yang notabene adalah hal terpenting dan tak bisa begitu saja diabaikan terlebih jenis penyakit yang kita bahas kali ini. (chip)