Mengatasi modus penipuan yang semakin pandai

modus

Pernah menerima sms yang memberitahukan kepada Anda bahwa Anda adalah salah satu pemenang dari undian yang mengatasnamakan salah satu bank atau provider seluler dan lain sebagainya? Saya kira hamper semua nomor mengalaminya dan bila tidak ada baiknya Anda perlu berhati-hati akan hal ini.

Berbagai iming-iming yang akan kemudian menuntun Anda untuk menuju ke nomor rekening pribadi,  memandu Anda untuk seakan bertransaksi yang akan berdampak hilangnya uang Anda. Saya sendiri pernah melakukan hal ini meski sebenarnya saya tidak ke mana-mana waktu itu. Dan tuttt…operator itu menutup perbincangan begitu saja karena tahu bahwa saya sebenarnya tidak melakukan apa yang dia minta sebenarnya.

Saat ini kemudian modus penipuan pun berlanjut dengan berbagai macam cara termasuk meminta Anda untuk meng-invite nomor pin BB baru dan lain sebagainya yang akhirnya memiliki modus yang sama yakni menipu. Berikut adalah beberapa tips agar Anda terhindar dari hal tersebut :

Kenali nomor telepon :

Sebenarnya sebuah kantor besar ini bisa dipastikan tidak akan mengirim pemberitahuan sebuah kemenangan undian melalui nomor yang asal saja, terlebih pada jam yang sebenarnya sudah tidak semestinya. Kebanyakan nomor yang digunakan untuk menipu selalu mengalihkan untuk menghubungi juga nomor lain. Maka bila ini terjadi sudah pasti ini modus penipuan untuk Anda.

Meminta Imbalan atau pajak :

Setahu saya bahwa pajak atau lainnya ini akan di berikan pada saat seseorang telah menerima apa yang menjadi hadiah dalam sebuah perjanjian tertentu. Maka bila Anda belum menerima sesuatu dan sudah harus membayar pajak terlebih dahulu ini adalah hal yang aneh tentunya.

Web site gratisan :

Semakin pandai orang jahat membuat tampilan web site seolah yang sesungguhnya dan ini sangat perlu diwaspadai. Mungkin ada sebagian orang yang belum tahu bagaimana web site itu resmi atau tidak. Salah satunya adalah tentu tidak gratisan sebagai contoh adalah nama kantor diakhiri wordpress, jimdo atau blogspot.com ini mengasumsikan hal praktis saja bahwa apa iya sebuah kantor besar memakai web site geratisan alias mendompleng saja.

Bahasa :

Gaya bahasa yang digunakan para penipu ini juga biasanya begitu-begitu saja. Bahkan tak jarang dengan ejaan yang sama sekali tidak EYD. Memberitahukan pin keberuntungan dan lain sebagainya sedang kita tidak bersentuhan dengan pin-pin tersebut tentunya. Ini aneh khan?

Konformasi kantor terkait :

Bila dengan langkah-langkah di atas Anda masih kurang yakin. Maka lakukan konfirmasi ke kantor-kantor atau nomor-nomor resmi sang pemberi hadiah. Jangan yang berhubungan dengan nomor yang saat itu Anda terima sebagai sang pemberi tahu melalui nomor Anda baik telepon atau SMS.

Mungkin ini hal yang sudah biasa bagi Anda sekalian dan bisa jadi saat ini tidak banyak yang menggubris undian-undian modus penipuan semacam ini hanya tidak ada salahnya kita selalu waspada. Saran yang terbaik adalah juga tetap tenang dan lakukan pencarian informasi paling akurat termasuk tentu bertanya kepada yang lain karena bisa jadi ada saat lengah juga dalam sifat kemanusiawian kita. Semoga manfaat. (chipriant)