Mencegah Rambut Rontok dan Kebotakan Secara Tradisional

rontok

Seringkali kita dapati beberapa penawaran perawatan di salon tentang perawatan rambut dan aneka masker untuk rambut. Rambut merupakan mahkota wanita yang layak untuk dijaga keindahannya. Walaupun sering melakukan perawatan rambut namun kadangkala rambut Anda masih rontok dan rambut berkurang cenderung mengalami kebotakan.

Rambut rontok bisa disebabkan oleh penggunaan shampo yang tidak cocok dengan jenis rambut, kurang menjaga kebersihan rambut, pewarnaan rambut atau pelurusan rambut. Rambut rontok ini bisa terjadi juga karena usia yang bertambah. Anda perlu waspada jika kerontokan rambut Anda melebihi normal karena ini bisa menjadi tanda adanya penyakit dalam tubuh Anda.

Untuk mencegah terjadinya rambut rontok dan kebotakan Anda sebaiknya menggunakan cara-cara tradisional yang telah dipakai turun temurun. Cara ini tentu lebih jauh dari tingkat resiko kimia. Merawat rambut rontok dan mencegah kebotakan secara tradisional ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan biaya yang jauh lebih murah, maka berikut ini ulasan ramuannya :

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah :1 liter air matang panas, 100 cc minyak wijen, 100 cc minyak kelapa, 5 butir kemiri. Selain itu Anda perlu mengiris tipis 1 lembar daun waru, 5 lembar daun urang-aring, 3 lembar daun mongkokan, 1 lembar daun pandan, 1 buah jeruk purut, kemudian masukkan ke dalam panci bersih. Kemudian masukkan minyak wijen, minyak kelapa dan kemiri yang sudah dihaluskan. Setelah itu semua ramuan ini disiram dengan air panas selama 15 menit. Angkat dan saring minyaknya. Aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat.

Anda bisa juga melakukan perawatan rambut secara tradisional dari air bonggol pisang. Air bonggol pisang ini bisa Anda dapatkan misal ada pohon pisang ditebang kemudian buatlah lobang pada bonggol yang tertinggal, tutup dengan daun atau tutup gelas. Pada sore hari airnya ini bisa ambil untuk menghitamkan dan merawat rambut. (ctn – berbagai sumber)