Manfaat Kacang Kedelai untuk Tubuh

manfaat kacang kedelai

Di Indonesia menggunakan lauk berupa tempe atau tahu sudah sangat biasa didengar. Dan kedelai juga merupakan bahan pokok untuk pembuatan kecap. Tempe, tahu dan kecap merupakan makanan penuh nutrisi dan tentu saja disukai oleh banyak orang.

Makanan dari kacang kedelai ini mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi sehingga dapat menjaga metabolisme tubuh. Saat ini juga banyak ditemui asupan lain dari kedelai berupa susu.

Makanan dari kacang kedelai ini juga sangat baik bagi Anda yang sedang diet. Kandungan fiber dan serat sehingga memberi rasa kenyang yang lama. Kadar lemak dalam tubuh juga dapat dikendalikan oleh genistein jenis isoflavon. Berikut ini beberapa manfaat kacang kedelai untuk tubuh :

  • Makanan dari kacang kedelai merupakan gizi terbaik di masa pertumbuhan. Bahan ini sangat baik untuk pertumbuhan anak.
  • Kacang kedelai mengandung protein tinggi, karbohidrat, vitamin, mineral fosfor, serat tinggi, dan magnesium. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda dari berbagai penyakit.
  • Isoflavon pada kacang kedelai dapat mencegah dan menjaga tekanan darah tinggi.
  • Kacang kedelai mengandung zat argimin dan asam amino glisin yang dapat bekerja untuk menghancurkan glukosa menjadi energi dalam tubuh. Hal ini berarti makanan dari kacang kedelai baik untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah serta lemak.
  • Selain itu makanan dari kacang kedelai ini baik untuk pencernaan karena kandungan vitamin C, E dan serat.
  • Kacang kedelai ini merupakan zat antioksidan terbaik yang dapat mencegah masuknya berbagai penyakit, mencegah penuaan dini dan baik untuk kesehatan kulit.

Nah mulai sekarang jangan ragu dan bosan untuk tetap mengkonsumsi makanan dari kacang kedelai seperti tempe dan tahu. Selain harga yang relatif terjangkau juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat kacang kedelai untuk tubuh sehat ini dapat Anda peroleh setiap hari. Mulai sekarang masukkan makanan dari kedelai ini dalam daftar belanja Anda. (Christin)