Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

beras merah 1

Ada istilah dari beberapa orang yang sering terdengar yaitu orang Indonesia kalau belum makan nasi belum kenyang. Memang benar, bagi sebagian orang makan itu suatu hal yang wajib ada adalah nasi putih. Sekarang ini mengkonsumsi nasi sudah mulai dikurangi dan diganti dengan kentang, buah, sayur atau dengan umbi-umbian dan beras merah. Hal ini tentu berhubungan dengan cara yang kita terapkan untuk menjaga kesehatan dan secara khusus untuk menurunkan berat badan.

Berat badan yang tidak proporsional dengan tinggi badan tentu akan menjadi masalah bagi Anda. Percaya diri yang hilang hingga penampilan yang jauh dari kata cantik.

Mengganti konsumsi nasi putih dengan beras merah tentu perlu Anda pertimbangkan untuk kesehatan jangka panjang Anda. Kandungan indeks glikemiks pada beras merah lebih sedikit dibanding dengan beras biasa atau beras putih. Untuk mendapatkan beras putih prosesnya dari padi digiling terlebih dahulu sehingga serat dari padi yang penuh nutrisi telah hilang. Sedang pada beras merah masih terdapat serat pada kulitnya dimana inilah yang mempunyai nilai gizi terbaik.

Berikut ini manfaat beras merah untuk kesehatan Anda :

  • Mengkonsumsi beras merah dapat memperlancar pencernaan, mengurangi resiko iritasi pada usus, mengendalikan insulin dan kadar gula darah, mencegah menumpuknya kolesterol jahat. Kandungan serat pada beras merah jauh lebih baik dibanding nasi putih.
  • Mengkonsumsi beras merah ini baik bagi Anda yang sedang menjalani diet. Karbohidrat pada beras merah dapat menambah energi lebih lama sehingga dapat mengunci napsu makan Anda.
  • Mengkonsumsi beras merah sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Beras merah mengandung zat besi, zinc, dan mangan. Sementara fungsinya juga berbeda. Jika zat besi diperlukan oleh tubuh untuk proses pembentukan sel darah merah, zinc baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mangan bermanfaat untuk membantu mengaktifkan enzim saat pembentukan tulang.

Nah, masihkah Anda bertahan mengkonsumsi beras putih biasa. Mulai sekarang dapatkan manfaat beras merah untuk kesehatan Anda. Beras merah ini sangat baik bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan dan menghindari kadar gula yang terlalu tinggi dari nasi putih. Selain itu, Anda dapat mengganti menu beras merah dengan gandum, outmeal dan sereal. Penuhi juga kebutuhan sayur, buah dan cairan untuk tubuh Anda agar senantiasa sehat. (Christin)