Makanan Khas Growol dan Pentho

growol

Sahabat, kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai menu makanan yang berada di salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yakni di Kulonprogo. Menu makanan khas di daerah kulonprogo ini dapat Anda jumpai geblek dan growol. Jenis makanan ini sama-sama berasal dari bahan dasar singkong.

Yang ingin saya bagikan disini adalah growol dan pentho. Growol merupakan makanan yang baik bagi Anda yang sedang diet karena efek rasa kenyangnya membuat Anda bisa mengganti menu pokok yaitu nasi dengan growol.

 Masyarakat di kulonprogo dapat dengan mudah mendapatkan makanan ini. Ada yang mendapatkannya dengan membeli di pasar atau produsen ada pula yang lebih senang dengan membuat sendiri. Growol dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi, maka tak heran jika growol sering dikonsumsi dengan sayur atau lauk pauk lainnya.

Yang menjadikan beda dari growol adalah jika dikonsumsi dengan lauk sederhana yaitu pentho. Pentho merupakan makanan yang biasa dijadikan sebagai lauk mirip seperti perkedel. Yang membedakan adalah bahannya yang terbuat dari parutan kelapa muda dicampur dengan bumbu kemudian dibuat bundaran seperti perkedel dan digoreng. Pentho mempunyai cita rasa yang enak dan gurih. Lauk ini cocok jika dikonsumsi dengan nasi hangat atau dengan growol ini.

Growol sendiri dapat diolah menjadi berbagai macam menu. Growol bisa digoreng dengan tepung dengan bumbu bawang, bisa juga dicampur dengan parutan kelapa yang sudah dibakar.

Nah sahabat teras yang berbahagia, makanan khas growol dan pentho ini hanya ada di daerah kulonprogo. Mungkin jika Anda singgah ke Yogyakarta Anda dapat mencicipi jenis kuliner ini. (Christin)