Larangan saat mendaki gunung

Mendaki gunung adalah hal sangat menyenangkan. Ada beberpa tempat yang bisa dikunjungi untuk didaki di berbagai tempat di Indonesia. Gunung merapi, gunung semeru, gunung dieng, serta yang lainnya dalam kategori boleh didaki tentunya. Berwisata alam yang menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang.

Kegemaran mendaki gunung ini rupanya tak melulu bisa begitu saja dilakukan. Meski peralatan yang serba canggih dan mencukupi keperluan mendaki toh ada saja hal-hal yang memang seharusnya di perhatikan. Hal-hal yag acapkali diabaikan oleh para pedaki yang mungkin terlena oleh kegirangan atau terlena oleh keindahan alam.

Berikut adalah hal-hal sederhana yang perlu diperhatikan saat pendakian yang bisa juga di katakana sebagai pantangan :

Tidak membuang sampah sembarangan :

Kebiasaan ini memang bukan hal yang mudah untuk dihilangkan oleh banyak orang. Karena alam luas lantas begitu saja membuang sampah. Biasakan diri anda membawa kantong sampah kemudian mengumpulkannya pada satu tempat sama. Memusnahkan bila mungkin dengan mengubur atau membakar. Inipun juga harus dilakukan dengan cara aman atau tidak menimbulkan dampak lain seprti kebakaran tentunya.

Berbicara kotor :

Satu hal ini tentunya bukan hal yang asing bagi banyak pendaki. Ini berkaitan erat dengan adat budaya Nusantara yang masih mempercayai adanya mitos-mitos dunia lain. Terkadang diakui atau tidak ini memang ada dan terjadi. Banyak pengalaman akan hal ini dengan akibat nyasar, atau hal lain yang mencelakakan. Memang bisa jadi kebetulan saja, namun ada baiknya ini kita indahkan juga.

Berfikiran negatif :

Ini dia yang mungkin susah terdeteksi oleh yang lain. Namun ada baiknya jangan berfikir negatif mulai dari hal porno sampa keinginan jahat. Logikannya adalah bahwa saat berfikir tentang hal ini maka perhatian atau otak kita bukan lagi tentang pendakian. Bukan lagi tentang melihat jalan di depan kita, dan lain sebagainya. Akibatnya ini bisa fatal.

Kencing sembarangan :

Hal satu ini penting, bukan melulu karena ini bisa membuah jin pohon marah atau juga membuat teman yang lain terpeleset karena bekas air kencing menjadi lumutan. Hal sederhana yang bisa dipikirkan adalah adanya hewan-hewan yang biasanya menandai wilayahnya dengan air kencing akan menganggap bahwa wilayahnya telah direbut oleh yang lain. Ini bisa menjadi ancaman tersendiri tentunya. Maka bila memungkinkan buanglah air kecil pada tempat-tempat yang mengalirkan air.

Berteriak memanggil :

Bolehkah ini dilakukan? Jawabannya adalah boleh bila dekat dan terlihat oleh yang lain, namun menjdai tidak boleh adalah apabila dari tempat jauh yang tak terlihat. Alam seperti gunung ini bisa mengaburkan asal suara maka jangan lakukan atau teman Anda akan tersesat lantaran mencari asal suara Anda.

Demikian hal-hal sederhana untuk Anda yang suka mendaki, terlebih bagi yang tidak biasa mendaki gunung atau masih awam. Hal-hal sederhana yang tidak baik untuk dilakukan namun seringkali diabaikan begitu saja. Selamat mendaki pada waktu yang tepat tentunya. Bertanya juga kepada masyarakat sekitar tentang yang boleh dan tidak boleh agar apa yang jadi tujuan Anda tercapai. (chip)