Indahnya gotong royong

gotong royong 2

Canda dan tawa mewarnai pembongkaran sebuah kapel yang terletak di kecamatan kokap yang akan dibangun menjadi baru di tempat yang sama mengingat kapel ini telah mengalami kerusakan di sana-sini. Namun bukan ini yang menarik namun ada hal lain yang lebih menarik untuk diperhatikan.

Ada tak kurang dari 20 orang hadir di kapel ini, hanya yang istimewa tak semua dari mereka umat gereja ini saja melainkan juga hadir masyarakat sekitar yang notabene adalah muslim. Saat ditanya mereka menjawab bahwa ini bentuk kepedulian dan gotong royong tanpa terlalu peduli untuk agama apa, yang penting rukun.

gotong royong 1

Nampak juga beberapa anggota TNI yang turut turun tangan dalam gotong royong ini. Saat ditanya tentang kegiatan ini kapten Inf. Sukardi dari Koramil 3 Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo  ini menyatakan bahwa TNI siap membantu masyarakat yang membutuhkan tenaga tanpa akan memandang dari latar belakang agama apapun. Intinya siap dan siap jika tidak berhalangan atau berbenturan dengan kegiatan lain di kantor dinas.

Sangat indah dan rukun, hal ini nampak juga saat istirahat minum dan makan. Canda tawa ada tanpa ada singgung menyinggung agama atau latar belakang. Inilah wajah Indonesia yang rukun dan penuh toleransi. Indonesia yang tetap rukun meski dengan kemajemukan seperti saat dulu kala.

gotong royong 3

Hal yang bisa dikatakan jarang ada saat ini. Sebuah kejadian yang cukup inspiratif kiranya bagi yang lain untuk memulai dari sekup yang kecil dalam lingkungan masing-masing. Saling singgung dan menyudutkan hanya akan menambah kesengsaraan bangsa saja yang memang terdiri atas berbagai macam golongan, suku serta agama. Realitas yang memang tak bisa dipungkiri sebenarnya, maka yang dibutuhkan adalah saling menjaga dan menghormati. Tandas seorang bapak yang  juga ikut membantu kegiatan ini. (chipriant)