Festival durian 2014 Banjaroya Kulon Progo

Festival ft album geblek

Musim durian di wilayah Kulon Progo memang selalu jadi incaran banyak wisatawan secara khusus di awal tahun . Berbagai acara yang senada dengan musim buah satu inipun digelar diberbagai tempat di Kabupaten terluar kota Yogyakarta ini.

Banjaroya adalah salah satu yang mengadakan acara festival durian ini. Kemeriahan pada acara festival durian tahun lalu akan diulang kembali dalam acara yang akan digelar pada tanggal 2 Maret 2014 mendatang. Sebuah acara yang digagas oleh Desa Wisata Banjaroya bekerjasama dengan Forum Pengembangan Ekonomi Lokal, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Pemerintah Desa Banjaroya yang didukung oleh Paguyuban Pedagan Durian Banjaroya dengan melibatkan kurang lebih 50 pedagang durian.

Acara yang akan diadakan di Rest Area Pasar Bendo, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo, DI. Yogyakarta pada pukul 09.00 – 13.00 wib ini telah menyediakan 2500an buah durian bahkan tidak menutup kemungkinan akan ada lagi setoran dan stock yang akan terus bertambah nantinya mengingat memang berdasar pengalaman yang telah dilalui menarik animo yang cukup besar dari masyarakat baik dari kota Kulon Progo ini maupun juga dari luar daerah. Adapun kisaran harga yang nantinya akan dipatok adalah dengan kisaran harga mulai Rp 20.000 –  Rp. 100.000 untuk varian durian lokal dan Rp. 50.000 – 150.000 untuk varietas durian menoreh baik kuning maupun menorah jambon.

Lebih lanjut koordinator acara inki, Rohmadu Inuhayi mengungkapkan acara ini adalah sebagai salah satu sarana meningkatkan brand/ image Banjaroya sebagai sentra durian terbaik. Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk mengontrol kualitas agar sebanding dengan harga durian Banjaroya yang notabene memang lebih tinggi karna rasanya khas dan banyak digemari oleh penggila durian. Dengan kegiatan festival durian ini kami berharap agar konsumen puas dan tidak kecewa terhadap durian Banjaroya.

Ta melulu ini saja, acara festival banjaroya kali ini akan dikemas dalam beberapa acara seperti acara kontes durian versi penggila durian, bazar durian, (sampai hari ini telah siap ± 2.500 buah durian), adu foto gila durian, dan lelang durian menorah legit sebuah varian baru durian menoreh serta akan tersedia aneka produk makanan lokal. Sebuah acara yang selayaknya Anda dan keluarga hadiri tentunya. (chipriant)