Festival Barongsai Pekan Budaya Thionghoa 2014 Yogyakarta

Yogyakarta di seputaran kampung thionghoa ketandan masih diwarnai dengan ramainya rangkai acara pekan budaya thionghoa 2014 Yogyakarta yang akan berakhir hari ini (jumat,14/2/2014) .

Ramai serta antusias pengunjung yang ingin menyaksikan acara demi acara  ini  terlihat juga kemarin sore mulai kurang lebih pukul 16.00. Tak hanya peserta festival saja yang Nampak meramaikan acara namun yang pasti adalah pengunjung yang datang dari berbagai penjuru daerah yang secara khusus datang untuk menyaksikan acara festival Barongsai.

Kelompok-kelompok barongsai yang meramaikan acara festival kamis, 13 februari 2014 kemarin datang dari berbagai kelompok mulai dari anggota brimob, anggota batalyon infantri, sampai bakpia patuk 25 yang mengutus kelompoknya turut meramaikan acara. Tak cukup di kelompaok barongsai dengan panjangnya naga-naga yang meliuk indah namun juga nampak terlihat perpaduan juga dengan budaya-budaya lokal Yogyakarta seperti dari tampilnya gamelan yang digelar oleh beberapa peserta festival seperti dari international shcool Alifan. Unik dan menarik memang karena terjadinya inkulturasi budaya china serta jawa didalamnya. Bahkan punakawan pun turut meramaikan.

Diawalai dari titik pemberangkatan yang berada di ujung paling utara jalan Malioboro atau di halaman parker wisata ini, para peserta kirab berjalan menuju kea rah titik 0 kota Yogyakarta. Atraksi demi atraksi di lakukan masing-masing kelompok dengan kekhasan warna dan gerakan masing-masing. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Jalan malioboro pun di tutup secara khusus dalam setiap acara yang menggunakan rute ini seperti kemarin sore hingga malam. Para pengunjung nampak berjejalan di samping kanan dan kiri jalan untuk sekedar melihat atau mengabadikan moment ini dengan kamera maupun alat lainnya. Acara meriah yang berpuncak atraksi di titik 0 kota Yogyakarta.

Sore hingga malam ini akan menjadi acara terakhir bagi Anda yang ingin menyaksikan acara festifal budaya thionghoa 2014 yogyakarta. (tw)