Detoks Tubuh Saat Menstruasi

menstruasi

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang bersih dari racun-racun dari radikal bebas yang masuk melalui makanan yang dikonsumsi. Saat menstruasi datang, wanita sering mengalami mual, nyeri, sakit perut, pinggang dan betis yang pegal dan sulit untuk konsentrasi. Hal ini disebabkan oleh toksin yang mengendap  dan berkurangnya zat besi pada tubuh sehingga mengganggu proses metabolisme tubuh.

Detoks saat ini sering kita dengar sebagai cara paling ampuh untuk menghilangkan berbagai penyakit. Wanita yang sedang menstruasi sebulan sekali ini selain menyehatkan tubuh juga berperan penting untuk detoks atau pembersihan tubuh dari racun atau zat-zat jahat dalam tubuh.

Saat haid datang ada baiknya Anda mencoba tips detoks tubuh saat menstruasi berikut ini :

Mengkonsumsi minuman herbal

Saat menstruasi datang ada beberapa wanita cenderung memilih minum jamu untuk meredakan nyeri haid. Ada pula yang mengkonsumsi minuman seduh dari jahe, seledri, teh, dan sarsaparilla. Cara ini sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang karena ramuan tradisional ini terbukti ampuh mengatasi nyeri saat haid.

Lakukan relaksasi di sela aktivitas

Endapan toksin terjadi karena tubuh kita yang tegang. Saat menstruasi ada baiknya Anda menyisihkan waktu sesekali untuk beristirahat dari aktivitas yang padat agar proses detoks alami berjalan dengan baik.

Hindari makanan junk food, rokok dan alkohol

Saat menstruasi tentu menjadi saat yang tepat untuk detoks tubuh. Maka sebaiknya Anda menghindari makanan junk food, rokok dan alkohol atau makanan lainnya yang semakin memicu racun masuk dalam tubuh.

Minum air putih

Dalam keadaan apapun minum air putih ini sangat sehat. Saat menstruasi datang sebaiknya Anda menambah konsumsi air dari hari biasanya. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat tubuh mengeluarkan darah haid dan proses detoks. Ada baiknya juga Anda minum air putih hangat agar memudahkan  proses pembersihan lemak-lemak jahat yang menempel di tubuh. Hindari minuman dingin saat menstruasi.

Nah itu tadi tips detoks tubuh saat menstruasi bagi Anda. Sebaiknya Anda juga mengkonsumsi sayuran hijau dan buah untuk menambah stamina Anda saat menstruasi. Jaga selalu kesehatan Anda dan bebaskan tubuh Anda dari racun jahat melalui pembersihan tubuh alami ini. (Christin)