Cara Mencegah dan Meredakan Flu

ilustrasi flu

Cuaca yang tidak stabil seperti saat ini terkadang membuat tubuh menjadi rentan terhadap berbagai penyakit khususnya flu. Kondisi alam yang sekarang ini susah diprediksi mengharuskan kita untuk berjaga-jaga akan dampaknya terhadap kesehatan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah masuknya virus flu ke dalam tubuh. Menjaga nutrisi dan kekebalan tubuh menjadi sangat dominan pengaruhnya agar Anda terhindar dari virus ini. Berikut ini beberapa cara mencegah dan meredakan flu :

  • Saat tubuh Anda sehat tentu saja Anda bebas dari pikiran yang mengganggu. Jaga selalu kualitas hidup Anda dengan pikiran yang tenang dan tidak mudah stress supaya tubuh Anda selalu sehat.
  • Kebutuhan cairan untuk tubuh harus selalu terpenuhi agar tidak terjadi dehidrasi, kulit yang keriput juga mempengaruhi daya tahan tubuh. Tubuh yang terjaga kelembaban atau terpenuhi kebutuhan cairannya membuat partikel kuman sulit masuk dan mencegah virus flu yang masuk.
  • Penuhilah kebutuhan vitamin D Anda. Meski hujan di pagi hari sebaiknya Anda juga tetap beraktivitas dan tubuh kita membutuhkan sinar matahari untuk menjaga daya tahan tubuh serta merubah provitamin D menjadi vitamin D.
  • Penuhi waktu istirahat Anda setiap harinya. Tidur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan tidur cukup daya tahan tubuh lebih sehat dan virus flu sulit masuk atau yang sedang pilek akan segera membaik.
  • Konsumsi bawang putih juga dapat meredakan gejala flu. Bawang putih ini merupakan antimikroba alami untuk membantu sistem imun tubuh menangkal radikal bebas. Anda juga bisa mengolahnya menjadi bumbu sup yang menyehatkan juga menyegarkan saat flu menyerang.
  • Mencukupi kebutuhan zink juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda dapat memperolehnya bisa dalam bentuk suplemen-suplemen zink.

Kenali selalu gejala-gejala yang terjadi di tubuh Anda dan lakukan pencegahan sejak dini. Jaga selalu kesehatan tubuh Anda dan penuhilah kebutuhan nutrisi dan cairan untuk tubuh Anda agar senantiasa sehat. Cara mencegah dan meredakan flu ini dapat Anda lakukan dengan sederhana dalam kegiatan setiap harinya dengan kondisi cuaca yang tak menentu. (Christin)