Berwisata Kuliner di Pondok Ale-ale Pontianak

“Selamat datang”, kalimat pertama yang biasanya akan kita dengar dikatakan oleh 2-3 orang wanita dengan tangan tertangkup dan senyum lebar ketika mulai masuk ke Pondok Ale-Ale, salah satu food & resto terkenal di Pontianak. Restoran khusus seafood yang terletak di Jl. Podomoro Kota Pontianak yang menyajikan berbagai macam masakan olahan seafood dengan bumbu dan rempah tradisional khas Pontianak, Ketapang dan Kayong.

Pondok Ale-Ale mempunyai menu andalan yang sesuai dengan nama tempat ini. Apalagi jika bukan Ale-ale. Ale-ale merupakan sejenis kerang yang hanya ada di perairan Kota Kayong. Di sini, ale-ale disajikan dengan berbagai macam olahan, bun, tumis, asam pedas, dabulilang dan lain sebagainya.

Namun jangan khawatir bagi yang ingin mencicipi menu lain karena selain menu olahan ale-ale, lidah kita juga bisa dimanjakan oleh olahan seafood lain seperti udang, kijing (sejenis kerang), kepiting, cumi, juga berbagai macam jenis ikan. Salah satu keunggulan tempat ini, setiap bahan baku yang disajikan, dipastikan segar. Bahkan, pengunjung bisa langsung memilih udang atau ikan yang ingin dinikmati. Dua baris akuarium panjang diletakkan di dekat pintu masuk, sebagai tempat penampungan bahan baku seafood sementara. Nantinya, akan ada seorang pramusaji yang membantu dalam pemesanan.

Setiap olahan masakan yang disajikan di sini memiliki cita rasa khusus masing-masing. Olahan dengan bumbu asam pedas, tumis mercon, bakar, asam manis, dengan bahan baku utama seafood yang berbeda akan terasa berbeda pula. Pengunjung pun bisa memilih dengan bumbu khas tradisional daerah manakah masakan ini akan dibuat, Pontianak, Ketapang, atau Kayong.

Tidak hanya makanan olahan seafood saja yang ada di dalam daftar menu di sini. Jenis-jenis masakan sayuran tradisional pun ikut disajikan. Tumis kangkung, tumis pakis, sup jagung, sayur asam bisa kita nikmati dalam berbagai macam olahan. Pondok Ale-ale juga menyediakan aneka paket dan masakan steamboat sebagai pilihan.

Makanan yang nikmat, harus diimbangi dengan sajian minuman yang segar dan nikmat pula. Aneka jus, minuman kemasan, juga minuman khas daerah seperti es lidah buaya dan kopi pancong, bisa kita jadikan teman makan yang menyenangkan.

Tempat makan bernuansa alami ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, pasangan atau teman-teman. Meja lesehan, meja bundar dan panjang disiapkan untuk menambah kenikmatan pengunjung. Kita bisa memilih tempat mana yang nyaman untuk menikmati makanan. Dengan dikelilingi pohon bambu, dan beberapa pot bunga kecil di dalam, juga tirai-tirai bambu yang digulung setengah sebagai penutup, dilengkapi dengan lampion khas tionghoa dan ukiran-ukiran khas dayak di tiap-tiap tiang beton penyangga bangunan, membuat tempat ini terkesan sejuk, tradisional, dan romantis.

Untuk kata romantis tadi, ada baiknya berkunjunglah ke restoran ini di malam hari. Lampion-lampion dengan sinar teduh, serta diperdengarkannya musik-musik pop dengan tempo rendah dan akustik luar dan dalam negeri, menciptakan kesan santai dan nyaman.

Harga yang ditawarkan juga sesuai dengan pelayanan dan kenikmatan yang diberikan. Berkisar antara Rp. 20.000,- – Rp. 30.000,- kita sudah bisa menikmati aneka hidangan seafood yang besar porsinya dapat dinikmati oleh dua orang. Selain itu, setiap hari Senin-Kamis, juga ada diskon 50% untuk setiap olahan makanan dengan bahan baku seafood yang berbeda. (Kristiawan B – Kalimantan)