Asiknya Menikmati Durian di Bazar 1000 Durian Kalibawang

Bzar 1000 Durian Kalibawang

Bazar 1000 Durian Kalibawang

Sudah sejak pagi pedagang durian memadati lokasi SD N Tegalharjo, Kalibawang, mereka ingin menjual serta meramaikan bazar 1000 durian yang di gelar pada hari Minggu (9/2).

Memang sudah sejak lama desa Banjarharjo menjadi sentra penghasil berbagai varietas durian, di desa ini terdapat sembilan pedukuhan dan dua pedukuhan yang memang menjadi sentra utama penghasil durian, yaitu di pedukuhan Salam dan pedukuhan Duwet. Masyarakat sekitar pun akhirnya menjadi penjual durian dadakan, mereka seketika berubah profesi menjadi pedagang durian dadakan saat musim durian seperti sekarang dan biasanya menjajakan durian di sepanjang jembatan gantung Duwet, dari barat jembatan tepatnya di desa Banjarharjo, kecamatan Kalibawang, Kulon Progo sampai ke timur jembatan yang berbatasan langsung dengan desa Bligo, Kecamatan Ngluwar, kabupaten Magelang.

Berbagai jenis varietas unggulan durian ada semua disini, termasuk durian khas Kulon Progo yang hanya terdapat di daerah pegunungan Menoreh. Varietas unggulan lokal tersebut masing-masing bernama durian Menoreh Kuning, durian Menoreh Jambon yang sudah dikembangkan sejak 2007 silam, serta varietas unggulan lokal terbaru yaitu durian Menoreh Legit yang baru di kembangkan pada tahun 2011 yang lalu. Semua varietas lokal memiliki tekstur buah yang berbeda dan mempunyai ke-khasan sendiri.

Sedang mengamati durian varietas unggul

Sedang mengamati durian varietas unggul

Varietas unggulan ini memang sengaja di kembangkan oleh Bupati Kulon Progo guna mengembangkan wisata buah khususnya di desa Banjarharjo, Kalibawang. Harga yang ditawarkan pun cukup vareatif mulai dari 25 ribuan hingga harga 100 ribuan untuk durian dengan varietas lokal seperti durian Menoreh Legit. Hal yang unik disini adalah masing-masing penjual akan memberi garansi khusus kepada pengunjung Bazar 1000 Durian Kalibawang ini, yaitu bagi durian yang mengalami kerusakan mencapai 70% maka dapat diganti dengan durian lainnya.

Suasana lapak Bazar 1000 Durian KAlibawang

Suasana lapak Bazar 1000 Durian Kalibawang

Suwandi, selaku Dukuh Salam menyatakan, memang kawasan Banjarharjo dan kesembilanpedukuhan di dalamnya merupakan sentra penghasil durian, baik itu varietas yang sudah umum maupun varietas unggulan lokal. Khusus untuk varietas unggulan, dirinya mengakui bahwa pohon yang ditanam memiliki keunggulan karena lebih cepat berbuah dan buahnya sangat banyak berkisar antara 50 hingga 100 buah durian dalam satu pohon. Hal ini karena bibit durian lokal tersebut berasal dari okulasi jadi lebih cepat berbuah dan mampu berbuah banyak dalam satu pohon, tandasnya. Dirinya menambahkan bahwa masyarakat disini memang di setiap panen durian akan beralih profesi menjadi pedagang durian di sepanjang jalan antara jembatan gantung duwet, jadi bagi mereka pecinta durian, tentunya daerah Banjarharjo, Kalibawang sudah tidak asing lagi apalagi jika menyangkut durian itulah yang mendasari kami membentuk Bazar 1000 Durian ini, tutupnya. (hanung b)