5 Masalah gigi yang sering terjadi

Sahabat teras, pada umumnya kita tidak memberikan perhatian khusus pada gigi karena merasa tak pernah ada masalah terhadap gigi. Rasa malas dan takut ke dokter gigi menjadi salah satu penyebab mengapa kesehatan gigi jarang terkontrol dengan baik. Konsumsi makanan-makanan manis, dingin, panas dan masih banyak lagi tentu memberi peran terjadinya kerusakan pada gigi.

Rasa tidak perhatian kita terhadap gigi ini terkadang menjadi disadari terlambat saat gigi sudah berlubang dan sakit. Padahal kesehatan gigi ini sangat penting. Selain sakit gigi itu sangat menyakitkan juga berkaitan dengan penampilan Anda menjadi tidak fit lagi.

Berikut ini 5 masalah gigi yang sering terjadi :

Gigi berlubang

Makanan manis tentu saja menjadi penyebab terjadinya karies atau gigi berlubang. Selain itu karbohidrat yang dikonsumsi terurai menjadi glukosa. Glukosa yang larut dalam mulut inilah yang bercampur dengan kuman sehingga berubah menjadi asam laktat yang mengikis email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Plak gigi

Kebersihan gigi yang tidak diperhatikan dengan baik dapat menimbulkan terjadinya plak yang menempel pada gigi sehingga menumpuk. Plak gigi yang menumpuk ini bisa menyebabkan gigi berlubang, terjadinya radang gusi atau gigi yang tanggal.

Radang gusi

Gusi yang terkena radang biasanya berwarna kemerahan, bengkak dan berdarah. Radang gusi ini jika tidak segera ditangani dapat meresap ke jaringan penyangga gigi. Hal ini bisa menyebabkan gigi goyang dan akhirnya tanggal.

Karang gigi atau tartar

Plak gigi yang menumpuk dan tidak dibersihkan bisa mengeras dan menjadi karang gigi atau tartar.

Bau mulut

Bau mulut bisa terjadi karena asap rokok, sisa-sisa makanan yang membusuk di sela-sela gigi.

5 masalah gigi yang sering terjadi seperti di atas dapat diatasi dengan baik dan benar. Menyikat gigi secara rutin, menggunakan pasta gigi dengan perlindungan lengkap. Selain itu jaga kesehatan tubuh dan sekitar Anda. (Christin)