Tips Mancing pasiran

tips mancing pasiran

TERSAWARTA – Mancing | Memancing saat ini sudah menjadi hal yang umum bahkan menjadi salah satu pilihan berwisata karena bukan saja di sungai, di kolam atau di danau saja. Ada sebuah trend baru yakni memancing di pantai yang biasa di kenal dengan istilah memancing pasiran. Tak sedikit yang lantas juga mencari berbagai sumber untuk mencari tips mancing pasiran ini.

Untuk dapat menikmati olah raga dan hobby out door satu ini memang ada beberapa hal yang tentu saja layak di perhatikan. Selain alat-alat yang hendaknya sesuai tentu saja kemampuan anda terutama fisik sangat dibutuhkan. Hal ini lantaran memancing pasiran ini lebih membutuhkan tenaga dan kemampuan yang lebih ekstra. Sebagai contoh apabila memancing di kolam atau sungai kita cukup melempar beberapa meter saja di depan kita sedang memancing di pasiran tentu saja dibutuhkan lemparan yang jauhnya bisa puluhan kali lipat. Anda harus bisa melempar sejauh mungkin. Bagaimana tips mancing pasiran ? Berikut ulasan untuk anda.

Ukuran joran :

Untuk memancing pasiran ini Anda membutuhkan ukuran joran yang harus jauh lebih panjang. Semakin panjang joran anda maka akan semakin memudahkan anda dalam melempar lebih jauh. Hal ini tentu karena ayunan yang dihasilkan akan lebih besar nantinya. Disarankan anda memilih joran dengan panjang tak kurang dari 3 meter.

Pemberat :

Pemberat yang Anda gunakan juga harus besar yang tentu saja juga harus anda sendiri sesuaikan dengan kekuatan joran. Disarankan anda menggunakan pemberat ukuran 80 – 150 gr. Hal ini akan membantu anda mencapai jarak terjauh.

Senar :

Senar ini perlu diperhatikan juga mulai dari panjang sampai kekuatannya. Pilihlah senar yang cukup mampu menahan ombak, pemberat dan asumsi ikan yang tertangkap nantinya. Senar yang panjang mengasumsikan ini mencukupi lebih dari lemparan anda.

Reel :

Pilihlah ukuran reel yang bisa memudahkan anda dalam menggulung senar anda nantinya. Bisa dibayangkan tentunya apabila anda menggunakan reel yang terlalu kecil sedang lemparan anda jauh. Berapa lama anda akan menggulungnya? Bisa jadi akan malah merasa capek  sehingga kegiatan mancing terganggu.

cara melempar

Empat  barang  di atas adalah hal pokok yang bisa anda siapkan sebagai tips  mancing pasiran. Lalu bagaimana cara melempar agar mencapai jarak terjauh? Pertama-tama siapkan alat pancing mulai dari pemasangan reel pada joran, pemasangan pemberat, pemasangan kail sampai ikan. Setelah semuanya siap ulurlah senar beserta umpan dan pemberat dengan panjang kurang lebih 1 – 1,5 meter dari ujung kolong senar di joran anda. Setelahnya buka kunci reel dan pegang senar sebagai pengganti kunci reel, letakkan joran di atas kepala anda ujung joran berada di belakang anda.  Berjalanlah menuju ke titik lempar dengan perlahan dan ayunkan joran anda ke arah pantai sekuat mungkin sambil melepaskan senar yang ada pada jari anda. Gunakan momentum yang tepat antara pemberat dan ayunan lengan anda untuk menghindari hentakan yang bisa jadi memutuskan senar atau menghancurkan umpan yang terpasang. Lakukan latihan ini berulang kali bagi Anda yang masih mencoba memancing pasiran. Semakin terbiasa maka akan semakin jauh lemparan anda. Semoga manfaat. (chip)