Thiwul pun jadi andalan

thiwul1TERASWARTA – Kuliner | Anda tahu gunungkidul? Sebuah kabupaten paling timur dari Daerah Istimewa Yogyakarta.Kabupaten yang pada masa-masa lalu selalu dikenal dengan lahan tandus dan kekurangan air. Hal ini adalah karena memang ada beberapa wilayah yang tidak menghasilkan sumber air tanah  sehingga tidak memungkinkan pembuatan sumur.

Cara cocok tanam pun kemudian juga lebih banyak mengandalkan adanya musim hujan. Maka tidak mengherankan bila pada masa penghujan para petani ini mengusahakan semaksimal mungkin produksi tanamandari padi sampai bahan tanam lainya.

Tanaman palawija pernah menjadi yang paling tersohor hadir dari kabupaten ini. Sistim menanam tanaman secara bersamaan adalah keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh para petani di gunungkidul ini.

Tanaman singkong adalah yang paling banyak dihasilkan para petani di gunungkidul. Dan siapa sangka bahwa tanaman yang satu ini pernah menjadi bahan baku utama makanan pokok selain nasi pada masa penjajahn jepang yang tenar saat ini dengan nama “thiwul”. Makanan khas dan unik sebagai salahsatu pilihan juga berwisata kuliner saat berkunjung ke kabupaten dengan pusat pemerintahan kabupaten di Wonosari.

Thiwul ini diolah dengan cara yang sangat khas juga, yang menurut  banyak orang yang teraswarta.com tanyai tak semua mampu membuatnya terlebih saat ini. Pengolahan secara tradisional dimulai dengan proses pemanenan singkong, pengupasan, penjemuran sampai berbentuk singkong kering yang dikenal dengan nama “Gaplek”.

proses ngintheri thiwulBelum selesai di sini saja. Proses selanjutnya adalah menumbuknya  sampai menjadi tepung. Setelahnya menjadi tepung halus (tapioka) diolah menggunakan air yang tidak terlalu banyak untuk di “interi/putar” menggunakan tampah menjadi butiran-butiran kecil yang ini nanti akan di kukus sampai matang untuk disajikan. Menyoal rasa saat ini banyak yang mengolah thiwul ini dalam berbagai rasa seperti rasa manis atau tawar. Dalam keadaan hangat makanan ini biasanya di santap dengan menggunakan parutan kelapa.

Salah satu kekayaan kuliner kabupaten Gunungkidul yang banyak dicari untuk dinikmati sensasi rasanya. Layak Anda coba saat berkunjung ke kabupaten tertimur Yogyakarta ini. Banyak tempat oleh-oleh yang menyediakannya. (Lks/chip)