Spot Rock Fishing Gunungkidul

Spot Rock Fishing Gunungkidul1

TERASWARTA – Mancing | Berbicara tentang memancing memang tiada habisnya, terlebih hobi sekaligus olah raga satu ini telah begitu banyak digeluti sebagai salah satu alternative untuk liburan dan merefresh pikiran. Tentu saja ini membutuhkan tahu tempat memancing apalagi saya yang adalah seorang wanita yag gemar mancing juga.

Berikut adalah tempat-tempat memancing di gunungkidul yang terkenal dengan ikan-ikan predator yang siap memanjakan Anda dengan sambaran-sambaran yang menguji nyali juga keahlian Anda.  Tempat memancing di laut yang juga memanjakan Anda dengan pemandangan alam yang Indah :

Pantai Baron :

Di pantai satu ini Anda bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang indah, tempat yang tak terlalu sulit, juga tentu warung-warung makan yang dengan mudah bisa didapatkan. Setelah sampai di pantai ini Anda harus berjalan kurang lebih 10 menit atau bisa juga lebih bagi yang belum terbiasa. Sediakan alat-alat Anda yang harus dengan panjang serta kekuatan yang mencukupi untuk kelas yang menurut saya tidaklah tinggi karena masih tergolong mudah di jangkau.

Pantai Krakal :

Di pantai ini Anda bisa memancing pasiran atau juga tebingan dengan kedalaman yang lumayan sehingga tak jarang sambaran ikan yang besar ada. Tantangan di tempat ini adalah  karang-karang yang siap memakan pemberat  (timbal) Anda maka di butuhkan keahlian melepaskan atau tehnik memasang yang meminimkan hal ini agar tidak telalu boros.

Spot Rock Fishing Gunungkidul2

Tebing Jujugan :

Di tebing yang bisa di tempuh dengan sangat nyaman karena tersedianya cor block untuk berjalan ke atas semakin memudahkan menuju tempat memancing yang satu ini. Berada di barat pantai Krakal. Tantangan di tempat ini adalah tingginya tebing dengan permukaan laut yang lebih dari 25 meter. Perlu berhati-hati juga karena tajamnya batu-batu karang laut yang siap melukai. Pemandangan menakjubkan juga tersedia di tempat ini karena langsung berhubungan dengan laut dalam.

Wedi Ombo :

Di tempat ini Anda bisa memilih dua alternative memancing yakni di pasiran atau di tebing sebelah selatan pantai. Hanya bila ingin memancing di sebelah selatan ada baiknya Anda mencari porter atau pengantar yang siap membantu Anda mengenali gerakan ombak lautan karena berbatasan langsung dengan laut dalam dengan ombak besar yang sesekali bisa datang. Memang tampak menantang rasanya memancing di tempat ini seolah ingin melempar umpan ke depan kita berharap ikan besar menyambar namun bila tidak hati-hati kita yang justru akan tersambar.

Dermaga Sadeng :

Ini tempat yang bagi saya paling nyaman karena di tempat ini bentuknya dermaga. Jelas akan lebih bersih dan nyaman tetapi tentu jangan khawatir juga, hanya dengan menggunakan piranti yang tak terlalu panjang Anda bisa mendapatkan keasyikan tersendiri memancing di tempat ini. Sambaran ikan-ikan siap memanjakan Anda lho.

Demikian beberapa tempat yang bisa menjadi sasaran untuk rock fishing atau pasiran sahabat teras. Untuk umpan gunakan ikan kembung, gurita, cumi, potongan udang atau potongan ikan tongkol yang biasa dikenal dengan nama ikan blereng di tempat ini.

Apabila Anda ingin diantar bisa menghubungi  banyak komunitas yang bisa di cari di facebook atau IPWM (ikatan pemancing waton mangkat) seperti yang saya lakukan awal dulu sebagai orang yang belum pernah sama sekali memancing di laut. Bersama mereka saya juga bisa mendapatkan pinjaman alat dengan biaya yang sangat-sangat murah alias tinggal berangkat dengan tempat-tempat yang disesuaikan dengan kemampuan saya yang adalah pemancing wanita. (christin)