Segudang Manfaat Jambu Biji

manfaat jambu biji

Berbagai buah-buahan yang mudah kita temui di sekitar kita memang terbukti mempunyai manfaat lebih bagi kesehatan tubuh juga kecantikan kulit. Sebenarnya cukup mudah dideteksi dimana buah yang baik untuk kesehatan dan kecantikan adalah buah dengan kandungan vitamin C yang melimpah.

Buah jambu biji salah satu buah yang populer di Indonesia. Sering kita temui di beberapa outlet minuman terdapat jus jambu, atau jus jambu dalam kemasan. Asal muasal buah jambu yaitu dari amerika tengah dengan rasa manis yang khas. Pohon jambu ini bisa sampai 12 meter tingginya dan diameter buahnya sekitar 3 – 10 cm.

Buah jambu ini mempunyai jenis yang berbeda-beda seperti jambu biji manis, jambu biji putih, jambu biji merah, jambu biji sukun dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Berikut ini segudang manfaat jambu biji untuk kesehatan Anda :

Mengatasi diabetes melitus

Jambu biji ini dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi diabetes melitus. Caranya membelah 1 buah jambu biji menjadi 4 bagian, rebus dengan air hingga mendidih kemudian saring air rebusan jambu biji ini dan minum 2 kali sehari.

Mengatasi masuk angin

Untuk mengatasi masuk angin yang diperlukan bukan lagi buahnya namun memakai daun buah jambu bijinya. Cara membuatnya dengan merebus 10 daun buah jambu biji dengan asam jawa, gula kelapa, cabai merah dan garam. Kemudian air rebusan ini diminum 2 kali sehari

Mengatasi diare

Masih dengan daun jambu biji ini untuk mengatasi diare. Anda bisa langsung mengunyah daun muda dari buah jambu biji atau dengan merebus daun buah jambu biji ini dan meminumnya 2 kali sehari.

Mengatasi sariawan dan panas dalam

Masih dengan daun jambu biji dan kulit batang jambu biji dengan merebus hingga mendidih. Air rebusan diminum 2 kali sehari.

Mengatasi penyakit maag

Daun buah jambu direbus dengan air hingga mendidih dan minum air rebusan tadi 3 kali sehari.

Segudang manfaat jambu biji ini dapat Anda temukan dan racik sendiri sesuai kebutuhan obat tradisional Anda. Manfaatkan selalu bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita ini dengan harga yang relatif murah dan mudah. Jaga selalu kesehatan tubuh Anda dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan istirahat yang cukup. (Christin/foto cahaya wahyu)