Sayur Pare dan manfaatnya bagi kesehatan

Sayur Pare dan manfaatnya bagi kesehatan

TERASWARTA – Kesehatan | Tanaman merambat yang dapat bertumbuh kembang di dataran rendah yang satu ini tak terlalu banyak yang suka pada buahnya. Hal ini karena rasa pahit yang melekat pada buahnya. Buah dari tanaman yang juga biasa digunakan sebagai salah satu bahan memasah alias sebagai sayuran, apalagi kalau bukan pare.

Siapa sangka bahwa dari sayuran satu ini memiki banyak kandungan manfaat bagi kesehatan manusia. Sayuran dengan ciri khas kulit yang bergerigi layak ukiran pada sebuah bidang. Dan beragam kandungan yang ada dalam sayur pare ini diantaranya adalah sebagai berikut :

Sebagai penangkal kanker :

Kandungan yang terdapat pada sayur pare ini salah satunya adalah lesichin. Dan dalam cara kerjannya lesichin ini membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh, maka sayur ini dapat juga menangkal kanker dengan mencegah adanya perkembangan sel kanker.

Sebagai obat Asma :

Adanya rasa pahit yang terdapat dalam sayuran pare ini dapat menumbuhkan respon terhadap indera pengecap dalam jaringan mulut kita. Hal ini yang kemudian membuat sel-sel saluran pernafasan kita ikut menjadi aktif. Dengan ini saluran pernafasan pun menjadi lebih luas. Maka bagi Anda yang memiliki sakit Asma sayuran satu ini layak untuk jadi konsumsi juga.

Sebagai Obat Diabetes :

Adanya kandungan senyawa dalam pare seperti vicine, charantin, polipeptida-p atau juga peptida di dalam penyembuhan diabetes sangat penting artinya. Hal ini dapat terjadi dengan adanya stimulus oleh senyawa terhadap sel Beta yang terdapat pada pankreas sehingga akan memproduksi insulin yang jauh lebih banyak. Kandungan Saponin juga serat dalam pare inilah yang akan menjaga kadar gula darah.

Sebagai obat memperlancar pencernaan :

Kandungan serat, kalium, karoten juga vitamin C dalam pare ini yang akan membantu tubuh dalam mengatasi masalah pencernaan kita. Dengan mengkonsumsi sayur ini yang bisa kita masak dengan berbagai sajian menu.

Demikian beberapa hal yang bisa kita dapatkan dari manfaat buah atau sayur pare ini. Memang pahit hanya demi kesehatan apa salahnya bila kita konsumsi? Tentu tidak ada salahnya bahkan memberikan manfaat positif bagi tubuh. Semoga manfaat dan selamat bereksperimen untuk membuat menu-menu memasak sayur pare ini. (tw)