Saat yang tepat untuk minum kopi

saat tepat minum kopi

TERASWARTA – Kesehatan | Kopi merupakan jenis minuman yang sekarang ini banyak digemari oleh semua kalangan baik laki-laki maupun perempuan. Bagi mereka yang sudah kecanduan kopi akan terasa hambar apabila sehari saja tidak minum kopi bagai makan sayur tanpa garam.

Kopi mengandung kafein yang memiliki efek negatif dan positif. Kopi yang dikonsumsi dengan kadar dan porsi yang pas tentu saja tidak akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh Anda.

Kafein yang terkandung dalam kopi berfungsi untuk meningkatkan jumlah hormon pengatur stres. Nah, ketika Anda mengkonsumsi kopi di pagi hari tentu saja hormon kortisolnya akan semakin tinggi. Hormon kortisol inilah yang membuat Anda menjadi kecanduan.

Oleh karena itu kopi sebaiknya dikonsumsi setelah jam 9 pagi antara 09.30 sampai 13.30. Di jam-jam inilah tubuh Anda perlu menyeimbangkan hormon kortisol guna mengatur tingkat stres Anda di sela-sela pekerjaan.

Kopi memiliki sifat hampir sama dengan teh dimana konsumsi kopi akan menurunkan daya serap zat besi ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi. Jadi Anda juga sebaiknya memberi jeda saat minum kopi 2 jam sebelum dan sesudah makan.

Mengkonsumsi kopi artinya juga mengkonsumsi gula, dan ini dapat membuat Anda menjadi lebih banyak buang air seni. Kopi yang terlalu kental juga tidak baik. Konsumsi kopi yang berlebihan juga bisa membuat Anda terkena dehidrasi. Oleh karena itu tetaplah mengkonsumsi air putih cukup dan tentukan saat yang tepat untuk minum kopi bagi Anda sendiri. Dan jangan minum kopi di waktu malam hari menjelang tidur karena efeknya akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. (Christin)