Pentingnya Cuci Tangan

Cuci tangan

TERASWARTA – Kesehatan | Mencuci tangan merupakan cara paling baik dan mudah untuk menghilangkan bakteri serta kuman penyebab terjadinya suatu penyakit. Cuci tangan memang terlihat sebagai kebiasaan kecil yang terkadang terlupakan.  Bakteri dan kuman dapat ditemui dalam kegiatan sehari-hari seperti di meja, lantai, pintu, tas, pisau dan berbagai barang yang kumannya cenderung tidak terlihat.

Bakteri dan kuman ini bisa terjadi saat berjabat tangan dengan orang lain. Tetapi jangan dijadikan hal ini sebagai alasan untuk Anda menjadi tidak mau berjabat tangan dengan orang lain. Bakteri dan kuman bisa dihilangkan dengan cuci tangan. Bakteri yang mudah berpindah melalui jabat tangan adalah salmonella, campylobacter dan norovirus.

Saat ini banyak tersedia produk sabun cuci tangan yang dapat dengan mudah dan harga terjangkau di pasaran. Sabun cuci tangan biasanya merupakan sabun antibakterial dan jauh lebih baik daripada sabun biasa. Sabun cuci tangan mengandung triclosan yang ampuh membunuh kuman dan mencegah datang kembali, namun terkadang sel tubuh manusia juga ikut mati.

Proses mencuci tangan yang benar adalah sebagai berikut :

  • Gunakan air hangat
  • Gosok tangan hingga pergelangan tangan selama 10 sampai 15 detik
  • Bersihkan bagian-bagian tersembunyi seperti ruas antar jari dan ujung kuku
  • Bilas hingga bersih

Meski demikian, Anda tidak perlu mencuci tangan dengan durasi waktu yang sering dan berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan kondisi kulit tangan Anda menjadi kering dan kehilangan kelembabannya serta kulit menjadi tipis.

Cuci tangan bukan hal yang sulit hanya membutuhkan kesadaran Anda untuk menjaga kebersihan tubuh. Apabila tangan Anda bersih maka makanan yang Anda konsumsipun bersih. Hal di atas yang mengingatkan kita semua tentang pentingnya cuci tangan. Jaga kesehatan Anda dengan tetap menjaga kebersihan tubuh. (Christin)