Pantai Parangkusumo Gerbangnya Istana Ratu Kidul

berdoa di parangkusumo

TERASWARTA – Wisata Religi | Parangkusumo tentu adalah pantai yang tak asing lagi ditelinga banyak orang bahkan bisa jadi pantai yang terletak di sebelah barat pantai Parangtritis ini adalah tempat yang biasa Anda kunjungi sebagai tempat “nenepi” atau berziarah.

Pantai satu ini memang dipercaya sebagai pintu gerbang menuju ke Istana pantai laut selatan yang dikenal dengan penguasanya yakni Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul. Banyak sekali kisah yang membahas tentang mitos yang satu ini. Dipercaya di salah satu tempat yang dikenal dengan Puri Cepuri ini menjadi tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul. Tempat dimana sang Ratu merasakan jatuh cinta saat bertemu dengan sang panembahan senopati.

Pertemuan yang menghasilkan sebuah perjanjian dari keinginan sang Senopati untuk dapat memerintah kerajaan Mataram. Permohonan yang lantas terkabul oleh bantuan sang Ratu namun mempunyai syarat juga yakni mau menjadi suami Sang ratu sampai seluruh keturunannya. Perjanjian yang disanggupi dengan syarat tidak mempunyai anak dari hasil perkawinan ini. (dari berbagai sumber).

Gerbang pendopo dan puri pulo cemethi

pantai ini juga khas dengan adanya bangunan-bangunan seperti pendopo dan puri-puri yang pada saat-saat tertentu dijadikan sebagai tempat pelaksanaan upacara adat keraton baik Yogyakarta maupun Solo. Labuhan yang bertujuan untuk bersyukur atas segala kemudahan sekaligus memohon berkah untuk menghapus “sengkala” atau keburukan-keburukan. Pada saat hari-hari biasa pun akan bisa Anda temui ada banyak orang  yang melakukan doa atau ritual baik di puri atau juga pinggir pantai Parangkusumo ini.

labuhan di parangkusumo

Ada memang sedikit pemandangan yang terkadang mengganggu dalam doa yakni saat menebar bunga atau sesaji dan ada uangnya akan ada yang menunggu untuk mengambil. Pemandangan yang terkadang lucu memang hanya begitulah saat ini. Tentunya yang melakukan “tebar sesaji” ini pun telah merelakan semua menjadi rejeki bagi yang menemukan atau mengambilnya.

Sebuah tempat berziarah bagi Anda yang ingin menenangkan diri. Menyepi untuk berdoa dalam kesejukan alam yang segar bila dilihat dari sisi alam yang sesungguhnya lepas dari sisi mistis dan mitos yang memang harus ada dan lestari sebagai pengingat bahwa ada kekuatan lain juga dari kita yang sangat manusaiwi ini meski kembali semua kembali kepada Tuhan sesuai dengan agama serta kepercayaan masing-masing. (chip)