Menjaga Kesehatan Di musim Hujan

Menjaga Kesehatan Di musim Hujan

TERASWARTA – Kesehatan | Tubuh sekuat apapun terkadang rentan terhadap serangan penyakit maka kesehatan itu sangat penting untuk menunjang aktivitas kita dipagi hari ataupun sepanjang hari. Siapa sih yang tidak ingin sehat di dunia ini? Hanya mayat yang tidak mau sehat. Tapi yang makhluk hidup pasti ingin sehat. Apalagi dengan sehat jasmani dan rohani.

Saya  ingin berbagi tips untuk menjaga kesehatan setiap hari apalagi sekarang di musim penghujan seperti sekarang ini. Dan tentu Saya selalu berharap bisa berbagi tips untuk Anda semua. Jangan sampai terganggu dengan adanya musim hujan itu pesan awal saya karena berbagai penyakit pasti datang, dari mulai sakit perut buang air, flu, demam, pusing, sakit kepala, batuk dan demam berdarah. Segala macam penyakit pasti identik menyerang setiap umat manusia di dunia, tapi terkadang tergantung dengan situasi dan kondisi yang mendukung atau tidak, serta manusia yang menjaga tubuhnya dengan baik atau tidak. Menjaga kesehatan kita sangat penting itu termasuk salah satu dari usaha kita untuk hidup lebih lama di dunia ini. Tapi jika Tuhan berkehendak lain, maka dari itulah yang namanya ditakdirkan untuk menderita sakit tersebut. Dan tidak ada salahnya jika kita sebagai makhluk hidup dapat berfikir untuk menjaga kesehatan kita untuk diri kita sendiri. Karena Tuhan lebih suka kita menjaga diri kita, memelihara diri kita bahkan melestarikannya.

Ini tipsnya untuk menjaga kesehatan tubuh di musim hujan :

1. Jangan lupa perbanyak minum air putih dibanding hari-hari biasanya, dan diusahakan lebih sering minum air putih hangat, agar terhindar dari tubuh yang lelah dan pegal-pegal.

2. Lebih banyak mengkonsumsi vitamin c. Vitamin c sudah banyak dimana-mana entah dari mulai minuman ataupun tablet hisap. Jadi kita tidka harus membeli buah jeruk yang cenderung setiap hari buah-buahan cenderung naik harganya, cukup dengan minuman jeruk yang tersedia di supermarket atau tablet hisap pun jadi untuk dibawa kemana-mana saat bepergian dan tidak ini lebih praktis. Dari pada harus membuat jus buah di rumah dan membutuhkan waktu sekian lama. Atau perlu gunakan jeruk lemon hangat untuk menjaga daya tubuh Anda setiap hari. Caranya peras jeruk lemon dengan air hangat, jika terlalu asam, gunakan sedikit gula lalu minum dengan hangat yang menyegarkan.

3. Jaga pola makan sayur dan buah yang seimbang, karena itu dapat menyeimbangkan vitamin anda selain vitamin c.

4.Lebih banyak stirahat di rumah dibanding hari libur tetap beraktivitas diluar rumah. Entah nongkrong bersama teman-teman. Karena musim hujan di mana-mana banjir dan tidak baik untuk beraktivitas seperti biasa. Kalau perlu kamu cuti kerja beberapa hari, itu lebih baik.

5. Hindari makan-makanan pedas terlalu banyak dan menggunakan santan, karena itu akan menyebabkan lambung Anda sakit hingga menjadi sakit perut serta buang air terus menerus. Apalagi jika memiliki penyakit magh maka kamu harus menjaga 2 rasa makanan ini, agar magh Anda tidak kambuh kembali.

6. Walau cuaca buruk dipagi dan disore hari, Anda tetap bisa berolahraga di rumah kok, dengan olahraga kecil seperti sit up sendiri atau dengan push up sendiri di kamar. Untuk mengencangkan otot-otot tubuh Anda, karena terlalu banyak tidur akan membuat otot Anda menjadi lemas tanpa gerak.

7. Semoga Anda semua dapat menjadi manusia yang sehat antara jasmani dan rohani, karena orang lain tidak ingin memiliki teman atau memiliki kekasih yang penyakitan. Maka dari itu jagalah kesehatan diri anda sendiri sebelum orang lain menjaga kesehatanmu dengan memaksamu dan mengeluarkan sikap-sikap bawel untuk kamu, seperti dokter yang memaksamu minum obat yang pahit padahal kamu tidak menginginkannya.

(khodijah)