Membeli kamera DSLR Second

Membeli kamera DSLR  Second

TERASWARTA – Fotografi | Saat ini kamera DSLR adalah salah satu alat yang bayak sekali diminati dan dimiliki. Namun  demikian harga yang tak melulu murah tentunya untuk mendapat kamera yang satu ini. Maka tak sedikit pula yang kemudian memilih untuk membeli kamera DSLR second. Padahal tentu saja tak semua kamera yang dijual dalam keadaan bagus. Ada banyak alasan seseorang menjual kamera DSLR mulai dari keinginan mengganti dengan tipe baru, membeli alat baru sampai dengan menjual alat karena kerusakan.

Bagi Anda yang ingin membeli kamera DSLR second hendaknya melihat beberapa hal penting yang akan kita bahas berikut ini agar Anda terhindar dari kekecewaan lantaran tidak berfungsinya kamera second yang Anda beli. Berikut adalah tips memilih kamera second :

Kondisi luar secara umum :

Cek kondisi kamera second yang akan anda beli. Pengecekan bisa anda lihat dari body terluar, cat sampai lapisan yang lain secara mendetail. Apabila anda temukan cat yang terkelupas atau juga ausnya beberapa bagian luar bisa jadi kamera DSLR ini sering dipakai. Maka artinya kamera tersebut memiliki umur yang mungkin tak akan panjang lagi.

Kondisi  luar secara khusus :

Cek kondisi body dan kelengkapan luar lain. Coba goyangkan apakah ada yang longgar dari bagian kamera DSLR second yang akan anda beli. Cek juga apakah ada goresan atau terkelupas tak rata. Ini bisa anda lakukan karena bisa jadi kamera pernah mengalami benturan yang keras atau bahkan terjatuh.

Kondisi mirror reflek :

Cek keadaan ini karena ini sangat penting karena dari sinilah anda akan membidik sebuah obyek foto. Cari indikasi-indikasi yang paling baik yang diantaranya tidak adanya keretakan atau goresan pada morror reflek.

Kondisi system auto focus :

Cek system yang satu ini dengan cara yang cukup mudah yakni dengan cara cek fiew findernya. Cobalah apakah titik auto fokusnya masih dapat bekerja dengan baik sesuai dengan pengaturan serta respon yang dihasilkan. Ini akan penting juga dalam menentukan maksimal tidaknya hasil bidikan anda.

Kondisi tombol shutter :

Coba ini dengan beberapa settingan dalam membidik obyek. Salah satu tujuannya adalah dengan mencoba hal ini Anda akan tahu bagaimana respon shutter terhadap kecepatan yang Anda inginkan dalam membidik obyek.

Kondisi lensa :

Cek keseluruhan bentuk, fungsi dan kinerja lensa baik secara manual maupun otomatis. Apakah masih berfungsi dengan baik? Apakah ada jamur atau kotoran yang menempel?

Demikian sedikit tips dalam memilih kamera DSLR second yang akan Anda beli sehingga mendapatkan kamera DSLR yang akan memuaskan keinginan Anda. Semoga manfaat (tw)