Manfaat Sayur Brokoli untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Brokoli untuk Kesehatan

TERASWARTA – Kesehatan | Brokoli merupakan sejenis sayuran dari jenis kubis – kubisan. Brokoli berasal dari Italia dari kata broccolo Italia yang berarti cabang. Brokoli merupakan jenis sayuran yang cukup terkenal di seluruh dunia dan digunakan dalam berbagai macam masakan dan hidangan.

Sayur brokoli merupakan sayuran penuh manfaat. Kandungan gizi dari brokoli merupakan pembangkit tenaga zat besi, kalsium, protein, karbohidrat, kromium, vitamin A dan C. Brokoli juga merupakan sayuran yang berfungsi sebagai antioksidan melawan penyakit dan infeksi. Maka tak heran jika sekarang banyak sekali penawaran jus yang terbuat dari sayur brokoli. Sayur brokoli ini akan lebih baik jika Anda santap dalam keadaan mentah dalam bentuk salad.

Berikut manfaat brokoli untuk kesehatan :

Mencegah penuaan dini

Sayur brokoli memiliki sifat anti penuaan dini yang mampu mengembalikan efek proses penuaan.

Membantu melancarkan pencernaan

Sayur brokoli mempunyai kandungan serat yang berlimpah sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Anti kanker

Sayur brokoli dan sayuran hijau khususnya mengandung zat anti kanker yang disebut phytochemical. Sayur brokoli dapat mengurangi terjadinya resiko kanker paru-paru, usus besar dan payudara.

Sebagai detox tubuh

Kandungan vitamin C, asam amino sulfur pada sayur brokoli sangat baik untuk menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh

Menekan resiko diabetes

Kromium dalam sayur brokoli baik untuk mengatur insulin dan mengatur kadar gula dalam darah

Meningkatkan imun tubuh

Sumber vitamin C dalam sayur brokoli sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Mencegah terjadinya osteoporosis

Kalsium, magnesium, seng, fosfor yang terkandung dalam sayur brokoli merupakan nutrisi penting yang menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Melindungi kulit dari sinar UV

Sulforaphane dalam brokoli mampu mengurangi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar UV

Begitu banyak manfaaat brokoli untuk kesehatan. Brokoli juga sangat baik untuk menjaga jantung sehat Anda, mengurangi berat badan, menurunkan kolesterol, mencegah anemia dan masih banyak lagi yang dapat Anda temukan pada sayur brokoli. Maka tak ada salahnya jika mulai sekarang Anda memasukkan brokoli dalam daftar belanja dapur Anda dan menyediakannya setiap saat. (Christin)