Manfaat kopi bagi kesehatan Sperma

Manfaat kopi bagi kesehatan Sperma

TERASWARTA – Kesehatan | Mengkonsumsi minuman dalam hal ini kopi ternyata bukanlah hal yang selamanya buruk. Ada manfaat yang ternyata bisa didapatkan oleh seorang laki-laki pada khususnya. Ternyata manfaat kopi bagi kesehatan sperma bisa dirasakan oleh pengkonsumsi kopi.

Salah satu penelitian yang dilakukan dari sebuah universitas Sao Paulo, Brasil menyebutkan bahwa pria yang meminum secangkir kopi di setiap pagi memiliki sperma  yang jauh lebih lincah dalam berenang dibandingkan dengan pria yang tak meminum kopi dalam setiap paginya.

Penelitian yang memilih 750 pria yang sedianya akan melakukan vasektomi. Lantas penelitian ini membagi dalam 4 kategori atau kelompok berdasarkan jumlah dari berapa banyak konsumsi kopi yang di minum dalam setiap harinya. Pertama adalah merea yang bukan peminum kopi. Kedua adalah mereka yang meminum kopi satu sampai tiga cangkir dikategorikan sebagai peminum kopi ringan. Peminum kopi sedang adalah mereka yang meminum kopi antara empat sampai enam dan yang terakhir adalah peminum kopi berat yakni mereka yang meminum kopi lebih dari enam cangkir dalam setiap harinya. Yang dalam penelitian ini ukuran yang dipakai adalah 100 ml.

Penelitian yang dilakukan ini ternyata mendapatkan hasil bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi rutin dalam setiap harinya memiliki kualitas sperma yang jauh lebih lincah dalam berenang dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal ini dijelaskan karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi ini membantu sang sperma ini berenang lebih cepat. Hal lain adalah membantu memperbaiki sampel sperma dalam proses IVF atau in intro fertilization yakni sebuah metode pembuahan di luar rahim.

Jadi kesimpulannya bahwa tak selamannya mengkonsumsi kopi ini buruk tentunya. Namun memang perlu dilhat juga bagaimana tubuh Anda berinteraksi terhadap minuman satu ini. Apabila memang tak memungkinkan juga tak harus memaksa diri untuk mengkonsumsinya. Apabila dibutuhan konsultasikan juga hal ini dengan dokter atau konsultan kesehatan anda tentunya. Semoga manfaat. (tw)

Sumber : diolah dari artikel info obat