Makanan yang bisa menyebabkan alergi

ilistrasi alergi

TERASWARTA – Kesehatan | Makanan penuh nutrisi yang dikonsumsi memang diperlukan oleh tubuh. Namun mengkonsumsi makanan tertentu dan berlebihan bisa menyebabkan reaksi tubuh yang disebut alergi. Alergi merupakan tanda bahwa tubuh tidak bisa menerima makanan yang masuk di tubuh.

Penyebab alergi dari masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang mempunyai gejala ringan adapula yang langsung parah. Alergi juga bisa menyebabkan masalah pada kesehatan jika tidak segera ditangani medis.

Berikut makanan yang bisa menyebabkan alergi :

Ikan

Ikan merupakan makanan penuh nutrisi dan kandungan omega 3 yang sangat baik untuk tubuh. Tetapi tidak semua orang bisa mengkonsumsi ikan karena alergi. Alergi terhadap ikan bisa disebabkan oleh gen dan muncul pada saat kondisi tubuh tidak sehat.

Telur

Alergi terhadap telur memang terdapat pada sebagian orang. Alergi ini bisa muncul seperti gatal-gatal, sesak nafas, batuk dan kulit memerah.

Kerang

Kerang sama dengan ikan. Ada sebagian orang yang alergi terhadap makanan ini.

Kedelai

Alergi yang disebabkan mengkonsumsi kedelai seperti kecap, tempe, tahu dan lainnya terdapat di sebagian orang walaupun ini jarang terjadi.

Susu

Apabila Andaalergi terhadap susu sebaiknya menghindari makanan berbahan dasar susu seperti mentega, keju, ice cream, yogurt, dan pudding.

Sebelum mengkonsumsi makanan sebaiknya Anda memperhatikan daya tahan tubuh Anda jika memang terdeteksi alergi. Beberapa makanan yang bisa menyebabkan alergi seperti di atas sebaiknya Anda hindari apabila Anda alergi. Apabila Anda terlanjur mengkonsumsi dan terjadi alergi bisa diatasi dengan minum air kelapa, obat antibiotik, dan jika parah sebaiknya Anda bawa ke medis. (Christin)