Harga Emas Turun atas Penguatan Dollar

harga emas

TERASWARTA – Ekonomi | Harga emas mengalami penurunan yang diakibatkan oleh data-data ekonomi Amerika yang membaik sehingga dollar menguat. Harga emas ditutup dengan penurunan terpanjang dari akhir november. Membaiknya data ekonomi Amerika telah meningkatkan kemungkinan bagi Federal Reserve mengurangi stimulus moneternya.

Dollar menguat hampir di semua mata uang utama dunia setelah adanya kesepakatan untuk mengurangi ketergantungan ekonomi terhadap program pembelian obligasi.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman februari turun US$ 4,1 menjadi US$ 1.225,5 per ounce. Para pengusaha swasta Amerika menambah 238 ribu lowongan pekerjaan pada bulan desember dimana angka ini merupakan angka tenaga kerja terbesar sejak november 2013. Data tenaga kerja yang membaik inilah yang mendorong naiknya nilai tukar dollar dan menekan harga emas.

Selain harga emas yang mengalami penurunan, harga perak juga telah mengalami penurunan terpanjang sejak bulan november 2013.

Secara teknikal bias netral bisa terjadi hari ini pada area 1.220 hingga 1.230. Pecah di atas area 1.230 dapat memicu terjadinya bullish lanjutan menguji resisten di area 1.240. Level supportnya apabila break di bawah area 1.220 dapat mengalami penurunan kembali menguji area 1.210. (Christin)