Cara Menata Kamar Sesuai Karakter

cara menata kamar

TERASWARTA – Opini | Kamar tidur anda adalah tempat dimana anda dapat meluangkan waktu anda entah sedang sedih, senang, banyak masalah, memiliki solusi masalah, semua ada di kamar kalian. Memiliki kamar yang indah adalah idaman semua orang, apalagi para wanita suka sekali memiliki kamar yang harum dan nyaman, karena wanita itu lebih sering mengajak teman-temannya memasuki kamarnya secara langsung, dibanding para pria. Pria itu jarang sekali terbuka dengan sahabat-sahabatnya, sedangkan wanita identik terbuka, curhat, masalah selalu sharing dengan teman lainnya.

Entah kenapa terkadang kamar itu membosankan, apakah moodh kita sedang tidak baik, atau karena penataan kamar kita yang tidak rapi dan tidak pas pada tempatnya. Kamar itu tempat dimana kita merenung, dan dimana kita merasakan apa yang kita rasakan setiap hari, setiap saat ataupun setiap waktu. Jadi jangan coba-coba meremehkan yang namanya penataan kamar yang buruk, karena itu memperlihatkan tingkah laku kalian dimata semua orang yang melihatnya.

Cara agar kamar anda nyaman :

1. Gunakan warna dinding yang pas dengan warna kesukaan anda, kalau menurutku warna ynag pas untuk kamar memang tergantung anda yang memiliki karakter masing-masingg yang berbeda-beda’

a. Kamar yang cocok untuk wanita

  • Jika kamu wanita yang romantis dan puitis pilih warna yang cerah dan menarik seperti  warna pink, biru laut, biru langit.
  • Jika kamu type wanita yang pendiam, sedikit tidak pamer, pintar dan dapat merahasiakan sesuatu dengan baik, kamu cocok dengan warna dinding hijau lumut, tapi agak muda sedikit, jangan terlalu berlumut karena identik gelap jika siang hari.
  • Jika kamu type wanita yang netral dan bersih, gak suka ribet, simple. Kamu cocok warna putih, atau cream.

b. Kamar yang cocok untuk pria

  • Jika dia memiliki sikap romantis dan dewasa, cocoknya warna biru matang, seperti biru crayon.
  • Jika dia memiliki karakter yang kasar dan sering marah-marah, cocoknya dengan warna abu-abu matang dan warna lampu merah atau kuning, atau juga cream susu agak sedikit redum.
  • Jika dia bersikap baik, pendiam dan mandiri, dia cocok dengan warna dinding putih.
  • Jika dia orang yang pintar, dermawan, dan bijaksana lebih cocok dengan warna hijau.

2. Untuk penataan letak barang sesuai dengan keinginan anda, yang penting tertata rapi. Lebih baik meja belajar dekat dengan lemari buku, tempatkan di sudut ruangan, tempatkan tv di tengah ruangan dan di depan tv ada tempat tidur agar lebih mudah nonton tv, untuk lemari letakkan disudut kamar yang satu lagi agar tidak mengganggu aktivitas anda dalam belajar. Jika ada tempat rias letakkan disamping lemari anda, atau jika ada lemari pajangan untuk menata boneka atau hiasan kamar lainnya letakkan di samping tv agar mudah dipandang ataupun dekat dengan jendela jika lemarinya besar.

3. Usahakan kamar itu ada jendelanya, agar setiap pagi anda dapat menghirup udara segar. Terkadang ada kamar yang tidak ada jendelanya, itu terasa berat sekali dan sulit bernafas segar dari tumbuh-tumbuhan di halaman. Cenderung memiliki penyakit asma jika kurangnya pentilasi udara dalam ruangan karena kekurangan oksigen dari tumbuh-tumbuhan.

4. Untuk warna sprei, gunakan warna yang sesuai dengan apa yang anda inginkan, jika anda type karakter yang ramai dan suka bercanda, gunakan warna sprei dengan motiv bunga, dan bergambar lucu-lucu serta unik, jika anda memiliki karakter santai, pendiam, gak suka ribet, apa adanya, gunakan warna seprei yang polos seperti warna biru polos tanpa motiv, hijau polos, walaupun ada motivnya setidaknya tidak terlalu ramai, motiv yang sedikit. Kalau cowok biasanya warna merah, biru atau cokelat serta abu-abu dengan warna yang tidak terlalu ramai atau terhindar dari gambar bunga. Gunakan warna sprei yang sesuai warna dinding, tidak mesti sama yang penting cocok.

5.  Jika anda mudah bosan dengan penataan kamar anda, maka sering-seringlah mengganti penataan kamar anda dan merubah posisi tata letakknya agar lebih terasa memiliki kamar baru, kemudian anda mulai membeli barang baru seperti adanya vas bunga yang indah, guci, pajangan baru. Letakkan foto di dinding agar ada pandangan yang indah dari wajah anda, atau orang-orang yang paling anda sayang seutuhnya. (khodijah)

– foto : rumah minimalis