15 Cara Sukses Menggapai Cita-cita

tips sukses

TERASWARTA – Opini | Siapa sih di dunia ini yang tidak ingin sukses? Semua orang pastinya ingin sebuah keberhasilan dalam sebuah pencapaian atau biasa akrab kita sebut sukses.

Secara psikologis dan karakter, orang-orang yang ingin sukses memiliki banyak cir-ciri yang berbeda dari masing-masing pribadi. Berawal dari sebuah cita-cita yang  adalah keinginan-keinginan saat masa kecil kita untuk menjadi seseorang yang bergelut dalam profesi tertentu. Namu demikian tak jarang setelah kita besar cita-cita semasa kecil ini biasanya sudah berbeda. Kenapa anak kecil jika ditanya apa cita-citamu kebanyakan pasti akan menjawab “guru, pilot, dan dokter”. Karena pada saat  kecil mereka hanya mengenal guru, dokter dan pilot serta ada juga presiden. Tetapi setelah  besar (dewasa) mereka mengatakan yang berbeda dari cita-cita dia saat masih kecil dulu. Ada yang masih kecil bercita-cita sesuatu, namun ketika sudah besar lupa cita-citanya apa. Bahkan dia tak menginginkan cita-cita tersebut tercapai.

Ada banyak faktor tentunya yang menjadi penyebabnya. Namun demikian saya yakin Anda semua memiliki sebuah cita-cita untuk dicapai. Berikut adalah beberapa cara sukses menggapai cita-cita Anda, yaitu :

1. Fokus pada apa yang kamu tuju yaitu cita-citamu

2. Jangan takut gagal, karena itu akan membuat dirimu berfikir negatif yang berlanjut

3. Menghadapi saingan. Tanpa saingan hidupmu tak akan maju.

4. Sabar. Karena dengan sabar suksesmu akan menunggumu didepan sana.

5. Tidak sombong. Jika belum mencapai cita-citamu hindari sikap sombong atau memuji diri sendiri, Allah akan menunda rezeky orang-orang yang sombong.

6. Selalu berusaha. Tidak muah puas dengan apa yang didapat, sebelum cita-citanya tercapai, tak akan menyerah untuk selalu berusaha. Seperti engkau memetik bulan di langit, walau sulit namun pelan-pelan mungkin bisa kamu petik jika memang Allah menghendakinya.

7. Tidak mudah putus asa. Jika sekali gagal, maka jangan cepat putus asa, karena kegagalan adalah sukses yang tertunda. Ciri-ciri orang yang tak pernah sukses adalah mudah putus asa.

8. Optimis. Hindari berfikir negatif, karena berfikir negatif akan membuat hidupmu lebih negative, jika kamu optimis maka kenyataanpun akan terus optimis. Maka berfikirlah dengan positif thinking agar hidupmu lebih berarti dimasa depan nanti. Dan apa yang kamu fikirkan menjadi kenyataan dimasa depan.

9. Pasrahkan kepada Allah SWT. Ketika kamu berusaha, sabar dan berdoa, namun yang terakhir adalah pasrah. Karena apapun yang terjadi hanya Dia yang menghendaki. Selalu bersyukur dengan apa yang engkau miliki.

10. Percaya diri. Percaya pada diri sendiri dibanding percaya dengan orang lain menandakan bahwa kamu lebih mencintai dirimu sendiri dibanding mencintai orang lain. Walau apa yang kamu kerjakan salah, pastinya itu akan membuat kamu sebagai pelajaran untuk dimasa depan dalam introspeksi diri dan membuat diri kamu lebih bertanggung jawab dengan apa yang kamu lakukan dimasa lalu untuk lebih baik dimasa depan.

11. Hindari  menghina orang lain, perbanyaklah menghargai orang lain apalagi karya orang lain yang patut engkau hargai dan hormati yang dia dapatkan.

12. Rajinlah mendoakan orang lain sukses, karena dia akan membalas engkau sukses pula. Seperti dihari ulang tahunnya, atau kapanpun dan dimanapun ketika dia sedang melakukan apa yang dia inginkan, dan doakan semoga berhasil.

13. Diam itu emas. Banyak orang yang banyak diam namun sukses endingnya. Artinya tidak terlalu banyak bicara dan berkomentar dengan apa yang orang lain lakukan, namun lebih mementingkan diri sendiri, memikirkan karya sendiri. Karena diam itu lebih berisi dibanding banyak bicara namun kosong bunyinya.

14. Jangan hiraukan apa yang roang lain katakana, karena jika itu negative maka cuekin saja, jika itu positif maka berjuanglah itu adalah nasehat.

15. Jadilah diri sendiri, karena menjadi diri sendiri lebih percaya diri dibandingkan menjadi diri orang lain yang tidak perlu kau ikuti dan kau turuti. Itu belum tentu kau sanggupi.

Semoga manfaat. (khodijah)