Tehnik Mancing di arus deras

Memancing di progo

TERASWARTA – Mancing | Membicarakan tentang hobby mancing sepertinya tidak akan pernah habis untuk diulas. Banyak yang menarik untuk dibicarakan ataupun kita pelajari. Seperti halnya ketika kita hendak memancing di sungai yang  mempunyai arus cukup deras dan penuh bebatuan. Sudah barang pasti inipun membutuhkan trik dan cara tersendiri dalam memancing  supaya kita tidak boros mata pancing dan timbal (pemberat), dikarenakan seringnya tersangkut sampah ataupun bebatuan di dasar sungai.

Tehnik mancing di arus deras adalah yang akan kita bahas dalam kolom mancing kali ini yang harapannya dapat membantu para angler mendapatkan hasil yang maksimal tentunya sehingga mood saat memancing akan terjaga sampai akhirnya tujuan refreshing dapat sungguh terasa, bukan melulu sibuk dengan membenahi alat pancing.

Adapun trik yang bisa kita coba pertama adalah:

  • Sesuaikan berat atau ukuran timbal (pemberat) dengan derasnya aliran sungai. Semisal  arusnya tidak begitu deras cukup menggunakan timbal yang agak kecil.
  • Usahakan arah lemparan pancing ke arah hilir sungai, jangan ke arah hulu atau memotong arus sungai. Supaya ketika timbal terjepit diantara bebatuan tidak smakin kuat terjepitnya karena terdorong derasnya arus.
  • Gulung dengan cepat ketika menarik pancing dari dasar sungai agar timbal tidak nyangkut di bebatuan dasar sungai. Karena dengan menggulung secara cepat posisi timbal akan melayang di dlm air dan kemungkinan kecil bisa terjepit bebatuan .
  • Jika pancing atau timbal terlanjur nyangkut di bebatuan dasar sungai cara melepaskanya dengan mengendorkarkan senar pancing kita.Atau dengan cara mengikatkan plastik atau rumput pada senar pancing. Kemudian hanyutkan sampai melewati  posisi pancing atau timbal kita tersangkut. Gulung dengan cepat dan biasanya timbal yang tersangkut tadi akan lepas..

Selamat mencoba, dan selamat memancing

(kelik MB)