Perlombaan olahan makanan dari bahan baku singkong

IMG_9320

TERASWARTA – Warta | Dalam rangka memperingati hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 desember 2013.  Ibu – ibu KWT “Pawon Gendis” yang berada di Desa Salak Malang, Banjarharjo, Kalibawang, Kulonprogo mempunyai cara yang  cukup menarik. Dalam acara ini  mereka mengadakan berbagai perlombaan olahan makanan dari bahan baku singkong, lomba pakaian kebaya dan lomba senam angguk.

KWT Pawon Gendis adalah satu-satunya KWT di Kulonprogo yang dibina langsung oleh STPP Yogyakarta. Kegiatan ini sebenarnya ditujukan untuk menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dalam berbagai karya para ibu – ibu KWT Pawon Gendis yang diketuai oleh Ibu Dwi Martuti Rahayu. Hal ini terutama dalam mengolah makanan dari bahan baku singkong, termasuk mocaf (tepung singkong berkualitas setara tepung terigu kelas 2) yang merupakan bahan pokok dari berbagai macam olahan makanan yang ada di Kulon Progo pada umumnya.

Ibu Suparmi, selaku ketua penyelenggara acara ini juga mengatakankan harapannya agar dengan terlaksananya kegiatan seperti ini semoga dapat memajukan kesejahteraan dan perekonomian bagi para ibu – ibu di Salak Malang pada khususnya serta bisa memberi motifasi bagi para ibu – ibu KWT didaerah lain.

gIMG_9314

Sambutan yang sangat positif juga disampaikan oleh Bapak Senijo S.Pd  yang mewakili dari Pemerintah Kecamatan Kalibawang.  Beliau menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat bertujuan baik karena dalam rangka memperingati Hari Ibu warga di Salak Malang sangat kreatif. Demi memajukan kesejahteraan Ibu melalui kegiatan  yang sangat positif. Beliaujuga berharap semoga tidak hanya kegiatan ini saja tetapi juga melalui kegiatan Agama, Olah raga, dan kegiatan positif lainnya. Beliau juga menegaskan kegiatan ini juga berpotensi untuk mengangkat semboyan “Bela Beli Kulonprogo”.

Juri pada lomba olahan makanan dari bahan baku singkong ini tidak hanya dari BP3k Kalibawang, PKK Kelurahan Banjarharjo, dan PKK Kecamatan Kalibawang tetapi juga dari STPP Yogyakarta, yang juga sebagai pembina KWT Pawon Gendis. Kegiatan yang cukup inspiratif dan mendapat tangapan positif dari masyarakat yang terlihat dari ramainya pengunjung yang hadir dalam acara ini. (donny – KP)