Penyebab Keputihan

penyebab keputihan

TERASWARTA – Kesehatan | sahabat teras terutama wanita. Keputihan tentu adalah hal yang wajar dan alami terjadi. Dan wajar pula akibat hal ini sering kali keluhan itu muncul dan diungkapkan mulai dari rasa risih sampai bau tak sedap yang menemani keadaan saat keputihan ini hadir. Apa sebenarnya keputihan dan sebabnya mungkin sekali tak banyak yang tahu pasti, maka dalam kesempatan ini kita akan membahas apa saja yang menjadi penyebab keputihan ini.

Pada  umumnya keputihan ini bisa di deteksi dari tanda-tanda yang muncul dalam tubuh yakni keluarnya cairan yang berlebihan dari organ kewanitaan. Cairan ini sendiri biasanya berwarna kekuning-kuningan atau putih keabuan yang keluar baik dalam bentuk yang encer maupun kental, menyebabkan gatal oleh karena kelembaban yang terjadi dan tak jarang membawa aroma yang tak sedap.

Penyakit satu ini biasa juga dikenal dengan sebutan paktay atau juga dalam istilah latinnya Leukorea (Fluor Albus). Dalam kondisi normal keputihan ini biasanya muncul pada masa subur, yakni sesudah atau sebelum menstruasi, saat hamil, atu juga pada saat mendapatkan ransangan seksual serta aktifitasa yang lainnya namun tidak menimbulkan keluhan seperti yang terbahas pada tulisan paragrap di atas seperti munculnya gatal, bau tak sedap dan warnanya biasanya cenderung jernih atau sedikit kekuningan.

Ada beberapa hal yang acap disebut sebagai penyebab timbulnya penyakit yang lazim diderita wanita ini seperti :

  • Adanya ketidak seimbangan hormon
  • Membilas organ intim kewanitaan dari arah yang salah yakni dari arah belakang (anus) ke arah depan (organ kewanitaan).
  • Seringnya memakai pakaian dalam dan ketat dan berbahan sintetis
  • Vaginosis bakteri yakni terinveksinya organ intim oleh berkembangnya bakteri Gardnerella dengan tada-tanda keluarnya cairan dengan warna keabu-abuan dengan bau yang tak sedap.
  • Infeksi jamur (Candidosis) hal ini adalah sebagi akibat candida albikan yang adalah jamur yang sebenarnya normal ada dalam organ kewanitaan namun kemudian berkembang biak melampaui batas. Hal ini yang lantas bisa menyebakan adanya perubahan kondisi organ intim kewanitaan sampai menghasilkan cairan kental, bau tak sedap. Tak jarang juga menimbulkan rasa nyeri serta gatal saat buang air kecil.
  • Trichomoniasis yakni keadaan dimana organ intim terjangkit parasit yang menyebabkan timbulnya cairan berbau tak sedap yang biasanya menimbulkan rasa perih dan sangat gatal.

Demikian, semoga bermanfaat. Jaga pola makan, hidup bersih dan sehat tentu adalah solusi selanjutnya. Agar keputihan yang lazim terjadi ini tidak menimbulkan masalah baru bila dibiarkan begitu saja. Penyakit keputihan ini bila tidak diperhatikan benar bisa memicu munculnya penyakit seperti kanker mulut rahim, kista indung telur, vulva cancer dan lain sebagainya, maka mencegah tentu lebih baik dari mengobati. (*dari berbagai sumber)