Pantai Sadeng Gunungkidul

Pelabuhan kecil Sadeng

Pelabuhan kecil Sadeng

TERASWARTA – Wisata | Berbicara tentang sebuah dermaga atau pelabuhan yang ada di Yogyakarta tentu saja hanya ada satu yang akan selalu disebut yakni pantai Sadeng.  Sebuah tempat bersandarnya kapal-kapal kecil juga  perahu nelayan yang membawa berbagai macam hasil tangkapan ikan.

Pelabuhan kecil yang berada kurang lebih 46 kilometer dari kota kabupaten Wonosari ini sangat terkenal juga dengan berbagai macam ikan tangkapan yang siap anda beli terutama saat pagi menjelang, dimana perahu-perahu kecil mulai merapatkan diri ke pelabuhan.

Tak cukup berhenti di sini saja rupanya kisah dari pelabuhan satu ini sangat istimewa juga lantaran berbagai tulisan mengungkap tentang pantai ini yang adalah dulu kala merupakan muara dari sungai bengawan solo purba  jawa tengah namun kemudian akibat hujaman lempeng australia lebih 4 juta tahun yang mendesak ke kepulauan jawa menyebabkan pulau jawa perlahan terangkat sehinggai air yang berasal dari arah utara yang tadinya mampu masuk ke muara laut ini berbalik kembali. Lambat laut pun mengering karena tidak ada lairan yang melaluinya dan hanya meninggalkan jejak berupa lembah menyerupai sungai pada sisi pantai. Pemandangan ini bisa anda temukan di saat anda akan memasuli wilayah ini.

Pelabuhan kecil sadeng memang tidak memberikan pemandangan pasir pantai layaknya pantai-pantai yang berada di sepanjang Gunungkidul, namun demikian bukan berarti pula anda tidak akan mendapatkan pemandangan indah di tempat ini sebagai wahana wisata alam bagi anada dan keluarga.

Pemandangan aktifitas para nelayan dengan berbagai kegiatan adalah salah satu hal yang menarik di mana kita akan belajar banyak hal tentang bagaimana susah payahnya mereka memburu ikan dan mengarungi ganasnya ombak laut selatan demi kehidupan yang bisa diperoleh dari hasil menagkap ikan.

Pada sisi timur bersandar kapal-kapal, anda bisa menempuh jalan kecil yang sudah halus menuju ke pemecah ombak. Di sini anda akan bisa langsung memandang luasnya laut selatan dari samping utara manara mercusuar penanda bagi para nelayan. Dan bagi anda para penyuka hobi mancing, pelabuhan sadeng ini memberikan pilihan yang cukup menarik sebagai spot mancing yang santai dan tentu saja bersih. Anda bisa mendapatkan berbagai macam ikan mulai dari kerapu, kakap, sampai lobster tanpa perlu jauh-jauh menuju ke bibir karag atau pantai.

Cukup menarik bukan? Sebuah kisah sejarah berikut manfaat yang bisa anda dapat bila anda dan keluarga terutama anak-anak anda berkunjung. Anak-anak dapat belajar seluk beluk kehidupan laut, dapat pemandangan yang unik dan indah serta tentu saja anda bisa berbelanja ikan kesukaan anda untuk anda bawa pulang sebagai bahan memasak bagi anda dan keluarga.