Manfaat Sehat Sarapan Pagi

sarapan pagi

TERASWARTA – Kesehatan | Sudahkah Anda menjalankan kebiasaan sarapan pagi ? Sahabat teras, kali ini kami akan menghadirkan sedikit ulasan mengenai manfaat sehat sarapan pagi. Tak semua orang selalu mempunyai kebiasaan sarapan pagi sebelum beraktivitas. Bagi sebagian orang khususnya laki-laki cenderung merokok dan minum kopi sesaat setelah bangun tidur atau sebelum bekerja.

Sarapan pagi bukan sekedar makan snack untuk mengganjal perut, tetapi bagaimana kita memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang oleh tubuh akan diolah menjadi energi.

Sarapan pagi dapat menurunkan berat badan, mengurangi resiko diabetes, kolesterol, sakit maag, jantung dan stroke. Saat sarapan pagi sebaiknya Anda memilih menu yang mengandung serat, vitamin, mineral dan protein yang cukup.

Kebiasaan sarapan pagi dapat memberi energi metabolisme tubuh setelah tidur, membantu kebutuhan gula dalam tubuh. Saat Anda tidur, gula darah turun sampai tingkat yang paling rendah. Memilih menu sarapan pagi yang kaya akan nutrisi akan menjadi bahan bakar otak agar berfungsi dengan baik. Kandungan glukosa yang dibutuhkan tubuh setelah bangun tidur dapat Anda peroleh dari sarapan pagi.

Sarapan pagi dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Saat tidur tubuh tidak mendapat asupan makanan yang membuat Anda pada posisi lapar. Sarapan pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mampu meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh.

Sarapan pagi juga bermanfaat bagi pasangan suami istri yang mengalami gangguan kesuburan kandungan. Kebutuhan vitamin B komplek, vitamin C, D, E, asam folat, zinc, asam amino essensial, mineral, selenium serta mineral dapat Anda penuhi saat sarapan pagi. Sarapan pagi akan membantu mengembalikan kualitas kebugaran dan kesehatan Anda dan secara otomatis akan membantu menciptakan sel telur dan sperma yang baik.

Melakukan kebiasaan sarapan pagi sangat baik untuk kesehatan Anda sehingga tubuh Anda akan lebih terkontrol. Sarapan pagi tidak harus makan yang berat dan terlalu mengenyangkan namun penuhi kebutuhan nutrisi penting tubuh menjadi bekal pada aktivitas sampai siang hingga sore hari. Hindari makan malam sebelum tidur untuk mendapat organ pencernaan yang berjalan dengan baik. Jadi rubah kebiasaan Anda untuk sarapan pagi rutin agar tubuh Anda tetap sehat.