Manfaat Sehat dari Tempe

tempe

TERASWARTA – Kesehatan | Tempe merupakan makanan yang berasal dari kedelai. Di Indonesia, makanan ini sangat mudah dijumpai. Tempe menjadi makanan favorit bagi kaum vegetarian. Tempe merupakan makanan yang sederhana dan relatif terjangkau harganya. Masyarakat Indonesia sudah sangat terbiasa dengan makanan ini.

Proses pembuatan tempe ini melalui proses fermentasi dan proses inilah yang menjadi sumber prebiotik dan berfungsi untuk menjaga kesehatan usus dan imun tubuh. Selain digemari oleh sebagian besar orang Indonesia dan dunia, tempe juga kaya akan manfaat. Berikut manfaat sehat dari tempe :

Sumber energi

Tempe mengandung vitamin B2 yang mudah dicerna dan larut dalam air sehingga berperan penting dalam proses metabolisme tubuh menjadi energi, pembentukan sel darah merah.

Menurunkan kadar kolesterol

Tempe mengandung protein tinggi yang baik dibandingkan protein dari sumber hewani sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, kadar gula, jantung, stroke dan diabetes.

Menurunkan darah

Kandungan magnesium dalam tempe berperan penting terhadap sistem kardiovaskular dan proses metabolisme tubuh. Magnesium juga berfungsi untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah dan menguatkan tulang.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Serat yang terkandung dalam tempe sangat baik untuk tubuh dan menyehatkan sistem pencernaan Anda.

Mencegah kanker

Tempe mengandung senyawa antioksidan dan isoflavon yang baik untuk memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh yang menyebabkan timbulnya kanker.

Begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi tempe. Selain harganya yang relatif murah, tempe juga dimasak menjadi menu yang bermacam-macam. Jadi tak ada salahnya jika Anda yang selama ini tidak menyukai tempe sebagai makanan sehari-hari untuk mencoba dan memasukkannya dalam daftar belanja Anda.