Manfaat Sayur Pare Bagi Kesehatan

pare

TERASWARTA – Kesehatan | Sayur pare adalah sayur yang mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional juga modern. Ada juga yang membudidayakan sayur pare di perkebunan sendiri dan cenderung dikonsumsi sendiri. Bagi sebagian orang mungkin tidak suka mengkonsumsi sayur pare ini karena rasa pahit.

Sayur pare merupakan tanaman merambat, buahnya berwarna hijau segar, bergerigi dan rasa khas yaitu pahit. Tanaman pare dapat tumbuh subur di Indonesia dan mudah dibudidayakan. Pare mengandung charantin, vicine dan bioaktif lainnya yang berfungsi baik untuk tubuh kita.

Bagi Anda yang tidak menyukai sayur ini cobalah mencicipi sayur pare yang sudah diolah. Sayur pare bisa diolah menjadi tumis pedas yang tentu saja akan menggugah selera. Berikut kami hadirkan manfaat sayur pare bagi kesehatan Anda :

Sayur yang baik untuk diet

Kalori yang terkandung dalam sayur pare cukup tinggi sehingga akan memberi rasa cepat kenyang.

Membersihkan darah

Sayur pare mengandung zat yang dapat membersihkan darah. Anda dapat mengkonsumsi pare dalam bentuk jus pare

Melancarkan pencernaan

Sayur pare kaya akan serat, vitamin C, karoten dan kalium sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda

Menambah selera makan

Bagi Anda yang susah makan dan cenderung tidak berselera makan, Anda bisa mencoba sayur pare ini. Rasa pahit yang khas akan menambah selera makan.

Mengatasi diabetes

Kandungan bioaktif dalam biji sayur pare dapat mencegah adanya peningkatan gula dalam darah setelah makan sehingga dapat menekan resiko diabetes.

Menangkal radikal bebas

Kandungan zat letichin pada sayur pare bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas penyebab kanker

Kandungan vitamin C pada sayur pare juga dapat untuk menjaga kecantikan dan kesegaran kulit Anda. Begitu banyak manfaat yang terkandung dalam sayur pare. Tak ada salahnya jika Anda memasukkannya ke dalam daftar belanja sayur Anda dan mengolahnya menjadi sayur yang sehat juga kaya manfaat.