Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan

teh

TERASWARTA – Kesehatan | Teh merupakan minuman tradisi sejak zaman dahulu. Teh berasal dari negeri China. Pada abad ke 8 SM teh memang digunakan sebagai obat dan pada jaman dinasti Han teh mulai diolah menjadi minuman untuk menjamu para tamu. Teh akhirnya dikenal di seluruh dunia hingga saat ini.

Teh merupakan minuman yang mengandung kafein alami, teofilin, karbohidrat, protein, dan antioksidan. Teh dengan aroma yang khas dan rasa pahitnya memberi kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya. Begitu banyak manfaat yang terkadung dalam minuman teh. Tak heran jika di Indonesia teh merupakan minuman yang selalu disediakan untuk tamu dan bahkan diminum setiap hari. Ada juga sebagian orang yang merasa lemah sebelum minum teh.

Berikut manfaat minum teh bagi kesehatan :

Untuk menjaga kesehatan gigi

Teh mengandung fluride yaitu zat kimia yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

Melangsingkan tubuh

Katekin dalam ekstrak teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan lemak dan mampu membakar kalori. Maka tak heran pula ketika banyak penawaran teh hijau untuk menjaga kelangsingan tubuh secara alami.

Mencegah kanker

Antioksidan yang terdapat pada teh mempunyai kemampuan melawan kanker. Untuk memperoleh antioksidan paling tinggi Anda dapat memilih teh hijau.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Teh mengandung kafein yang bersifat diuretik sehingga dapat meningkatkan volume buang air kecil. Cairan tubuh bisa dipenuhi dari kafein sehingga anjuran minum 8 gelas sehari air putih dapat ditambah dengan meminum teh. Tentu saja dengan porsi sedang dan tidak lebih dari 2 gelas sehari.

Menyehatkan jantung

Antioksidan terbanyak terdapat pada teh. Terdapat macam teh seperti teh hitam, teh hijau,dan teh putih. Masing-masing teh ini berfungsi dengan kadar yang berbeda. Teh putih dapat mengurangi resiko stroke. Antioksidan dalam teh inilah yang mempunyai peran penting mencegah penyakit jantung.

Membantu kerja otak

Teh hijau yang dikonsumsi sehari maksimal 2 cangkir dapat meningkatkan kinerja dan memori otak. Polifenol yang terkandung dalam teh hijau dapat mencegah turunnya kerja neurotransmitter yang berperan pada fungsi otak.

Membantu kesehatan tulang

Teh hijau dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencukupi kebutuhan mineral pada tulang.

Menjaga kekebalan tubuh

Sering kita mendengar sebagian orang mengatakan terasa lemas karena belum minum teh. Namun hal ini mungkin karena sangat terbiasa minum teh. Teh yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh adalah teh putih. Teh putih dapat melawan infeksi yang diakibatkan oleh adanya bakteri streptokokus, pneumonia dan kerusakan gigi. Teh putih diolah sederhana tanpa fermentasi sehingga tidak mengandung tanin yang tinggi seperti teh hijau dan hitam.

Meminum teh dapat Anda lakukan pagi hari atau malam hari sepulang kerja. Minum teh dipercaya dapat menghilangkan rasa lelah, masuk angin dan beberapa keluhan lain. Bagi Anda penikmat teh dianjurkan untuk tetap menjaga porsi minum teh sehingga tubuh dapat mengolah sesuai fungsinya.