Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan

manfaat coklat

TERASWARTA – Kesehatan | Siapa tak mengenal rasa coklat yang menggoda dan disukai oleh semua orang. Coklat biasanya digunakan sebagai hadiah hari valentine, hari ulang tahun dan lainnya. Coklat menggambarkan cinta yang menyejukkan bagi penikmatnya. Maka tak heran di beberapa restoran, resep kue dan minuman menggunakan bahan utama coklat.

Ada beberapa  jenis yaitu coklat putih, coklat hitam, coklat susu dimana coklat hitam atau biasa disebut dark chocolate yang paling baik untuk kesehatan. Coklat yang sering beredar di pasaran lebih banyak coklat susu, namun jenis coklat ini mengandung lemak dan gula yang cukup tinggi sehingga bagi yang sedang diet enggan untuk mengkonsumsinya.

Berikut manfaat coklat hitam bagi kesehatan :

  • Coklat hitam atau dark chocolate mampu meningkatkan aliran darah dari resiko pembekuan darah sehingga mampu mempertahankan kinerja jantung dan otak Anda secara normal.
  • Kandungan Flavomoid dalam coklat hitam atau dark chocolate dapat melindungi radikal bebas, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan memproduksi oksida nitrat yang membantu kinerja insulin.
  • Coklat hitam baik untuk otak. Rasa nikmat dari coklat dipercaya  mampu memberikan ketenangan tersendiri dari zat neurotransmitters.
  • Coklat hitam yang dikonsumsi setiap hari mampu mengurangi kortisol yang menciptakan hormon stres.
  • Coklat hitam dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat sehat dari coklat hitam tak perlu diragukan lagi. Anda dapat mengkonsumsi coklat setiap hari. Dan tak ada salahnya jika Anda memasukkan coklat hitam dalam daftar belanja Anda.