Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

mata sehat

TERASWARTA – Kesehatan | Mata adalah panca indra yang sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Menurut pepatah mata adalah jendela dunia. Dalam kehidupan sehari-hari mata berperan sangat vital.

Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan melalui makanan yang kita konsumsi. Makanan yang mengandung nutrisi penting untuk mata khususnya. Seperti makanan yang mengandung vitamin A, beta karoten dan lain sebagainya. Jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata antara lain sebagai berikut :

Wortel

Bukan hal yang baru tentunya jika berbicara mengenai kesehatan mata maka wortel merupakan jenis sayuran yang banyak dikonsumsi untuk kesehatan mata. Beta karoten tinggi yang terkandung pada wortel sangat baik untuk melindungi kerusakan mata dan retina.

Ikan

Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan sangat baik untuk retina mata. Omega 3 juga baik untuk meningkatkan kemampuan otak. Ikan yang mengandung omega 3 paling tinggi adalah salmon, tuna dan cod.

Telur

Protein dalam telur bermanfaat bagi lensa mata. Kuning telur juga dapat mencegah penyakit mata. Jadi tak ada salahnya jika Anda memulai mengkonsumsi telur dalam setiap harinya.

Bawang putih

Bawang putih dapat melindungi lensa mata dari katarak. Selain baik untuk mata juga baik untuk kesehatan seperti kolesterol.

Sayur-sayuran hijau

Jenis sayur-sayuran berwarna hijau seperti kangkung, bayam, brokoli atau sawi sangat baik untuk kesehatan mata. Jenis sayuran hijau mengandung vitamin A, B12, C serta kandungan kalsium yang tinggi.

Kacang-kacangan

Cemilan seperti kacang mete, kacang tanah juga baik untuk mencegah mata dari penyakit mata dan kekeringan karena mengandung omega 3.

Buah alpukat

Buah alpukat mengandung lutein yang baik untuk mencegah katarak pada usia senja. Anda dapat mengkonsumsi buah alpukat dengan berbagai cara seperti salad atau jus.

Coklat hitam

Anda penggemar coklat? Tentu saja juga tak salah, keran coklat hitam mengandung flavonoid yang dapat melindungi pembuluh darah pada mata sehingga korena dan lensa menjad kuat.

Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan khususnya mata. Menjaga ola hidup sehat juga merupakan salah satu cara untuk sehat. Semoga bermanfaat.