Makanan yang Baik di masa Penyembuhan

Makanan yang Baik di masa Penyembuhan

TERASWARTA – Kesehatan | Menjaga kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan menjalankan pola hidup yang sehat seperti olahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Meski demikian terkadang virus atau bakteripun bisa hinggap dan akhirnya Anda sakit. Ketika sakit tentu tak mempunyai selera makan dan akhirnya mengkonsumsi obat supaya sembuh. Pada masa penyembuhan, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah menjaga asupan makan dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Makanan yang baik di masa penyembuhan antara lain :

Karbohidrat

Asupan karbohidrat seperti gandum utuh, sayuran dan buah  akan sangat baik untuk mengembalikan dan meningkakan energi setelah sakit.

Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Kebutuhan vitamin dan mineral merupakan nutrisi penting bagi tubuh untuk menjaga dan mencegah timbulnya penyakit. Mineral yang baik untuk tubuh adalah mineral organik yang dapat diperoleh dari sayuran dan buah. Mengurangi suplemen buatan akan lebih baik sehingga tidak mengganggu proses kinerja vitamin alami dalam tubuh.

Protein

Mengkonsumsi makanan mengandung protein dapat mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih baik setelah sakit. Protein berfungsi sebagai pembentukan antibodi dan otot-otot tubuh baru dalam tubuh. Makanan yang mengandung protein seperti ikan, minyak sayur, kacang-kacangan, dan telur.

Lemak sehat

Mengkonsumsi makanan mengandung lemak sehat bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja otak, jantung, kulit dan organ tubuh lainnya. Lemak sehat dapat ditemui pada ikan, kacang dan minyak sayur.

Penuhi kebutuhan air Anda

Mengkonsumsi air putih akan meningkatkan kesegaran bagi tubuh. Mengkonsumsi air tak perlu menunggu sampai haus, sehingga Anda akan terhindar dari dehidrasi. Konsumsi air minimal 8 gelas sehari tentu akan sangat baik bagi tubuh Anda setelah sakit ataupun kehidupan sehari-hari.

Pada masa penyembuhan tentu Anda akan mengalami rasa lemas dan lesu. Asupan makanan sehat akan membuah Anda kembali sehat. Makanan yang baik pada waktu penyembuhan seperti di atas akan menunjang kekuatan Anda dan tubuh kembali bugar dan sehat. (ctn)