Makanan penurun kolesterol jahat

Makanan penurun kolesterol jahat

TERASWARTA – Kesehatan | Kolesterol jahat dalam tubuh sangat berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Penyakit kolesterol ini dapat menyerang siapa saja baik yang bertubuh gemuk maupun kurus. Melihat hal-hal ini maka dibutuhkan adanya asupan makanan penurun kolesterol jahat ini.

Kolesterol sebenarnya  ada dalam tubuh secara alami namun bisa meningkat bersamaan dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Kolesterol jahat tertimbun pada pembuluh darah sehingga menimbulkan penyakit jantung. Menghindari konsumsi makanan melebihi takaran wajar dan mengandung kolesterol tinggi merupakan solusinya. Berikut makanan penurun kolesterol jahat :

Jus Lemon

Buah lemon mengandung vitamin C dan merupakan buah antioksidan terbaik. Mengkonsumsi jus lemon secara teratur dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

Teh

Teh dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya  dan dipercaya mempunyai manfaat sebagai obat sejak dahulu. Teh mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh dan dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah pemicu penyakit jantung. Meminum teh dengan porsi yang wajar dipercaya dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah dan sayuran

Buah dan sayuran seperti kol, apel, ubi jalar memiliki kandungan vitamin dan nutrisi penting yang berguna untuk tubuh. Buah dan sayuran ini dipercaya ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Makanan berjenis kacang-kacangan seperti kacang kenari mempunyai kandungan asam lemak omega 3 untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Ikan

Ikan mengandung kadar omega 3 terbaik seperti salmon, dan dipercaya ampuh untuk mengurangi pembekuan darah, tekanan darah, dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Kayu manis

Mengkonsumsi kayu manis ini dapat Anda peroleh dengan membuat minuman. Kayu manis dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah dan kolesterol.

Menjaga kesehatan dengan pola makan dan pola hidup yang baik tentu akan membuat Anda terhindar dari resiko penyakit. Makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat di atas sebaiknya juga diimbangi dengan olahraga rutin dan istirahat yang cukup. (Christin)