Kompleks Pemakaman Astana Girigondo Kulon Progo

makam girigondo

TERASWARTA – Wisata | Berbicara wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tentu saja banyak tempat wisata dan sejarah yang bisa kita gali. Tempat-tempat bersejarah di DIY salah satunya adalah makam  Astana Girigondo. Pemakaman bersejarah ini terdapat di perbukitan menoreh tepatnya di desa kaligintung, kecamatan temon, kabupaten kulon progo. Makam Astana Girigondo ini dikhususkan untuk makam para raja, keluarga raja dan kerabat Pakualaman.

Apabila Anda sedang wisata ke Yogyakarta, tak ada salahnya untuk menyempatkan diri berkunjung ke Makam Astana Girigondo ini. Suasana magis dapat Anda rasakan pada saat mengunjungi makam ini. Anda akan merasakan aroma wewangian dupa dan bunga sekitar makam.

Di  komplek Pemakaman Astana Girigondo ini terdapat simbol Pakualaman dan tulisan jawa berbunyi Girigondo.  Makam girigondo ini di bagi menjadi 6 teras yang dihubungkan dengan tangga. Terdapat hal yang magis saat Anda menaiki tangga dan menghitungnya dan jumlahnya tidak akan sama satu dengan lainnya.

tangga makam girigondo

Di Pemakaman Astana Girigondo ini merupakan tempat dimakamkannya KGPAA Paku Alam V, VI, VII, VIII beserta keluarganya.

Kompleks Pemakaman Astana Girigondo ini terdapat area parkir yang luas dan udara yang sejuk. Di dekat makam ini juga terdapat lapangan yang dahulu sering dijadikan tempat untuk kemah pelajar. Masyarakat di desa kaligintung juga sangat ramah dan baik kepada siapa saja yang datang berkunjung kesana. (Christin)