Cara Menghindari Darah Rendah

bahan makanan sehat

TERASWARTA – Kesehatan | Berbagai penyakit bisa muncul kapan saja dan bagi siapa saja. Tidak hanya mereka yang berusia renta, anak-anak, bahkan yang dewasa sekalipun dapat terserang penyakit. Menjaga kesehatan akan jauh lebih baik daripada menjalani pola dan gaya hidup tidak sehat. Berbagai jenis makanan yang sekarang ini mudah dijumpai dan tergolong junkfood justru akan menimbulkan masalah bagi kesehatan. Penyakit yang timbul salah satunya darah rendah. Aktivitas yang tinggi, kurangnya asupan nutrisi penting tubuh dan kurangnya waktu untuk istirahat dapat memicu darah rendah. Berikut tips untuk menghindari darah rendah :

1. Banyak makan nasi.

Orang yang jarang makan biasanya lebih mudah lelah dan cepat lemas karena zat dalam tubuhnya kurang bekerja dengan normal dan sempurna, belum lagi mereka yang sering telat makan terutama dia akan menyebabkan penyakit magh dan membuat kepala pusing karena sakit perut.

 2. Perbanyak makan sayuran terutama wortel dan bayam merah

Wortel itu berfungsi untuk menambah darah dan vitamin untuk mata juga, maka dari itu jangan menghindari sayuran yang satu ini, kalau bayam merah itu sulit dicari mereka adanya biasanya disupermarket saja, namun karena kita tak terbiasa makan bayam merah, maka akan terasa aneh dan warna nasi akan merah seperti darah, namun itulah yang namanya obat sulit merasakan nikmat karena kesehatan lebih dari segalanya. Lebih baik bayam merahnya ditumis pedas dengan sedikit air saja.

 3. Makan ati sapi

Ati sapi lebih mengandung banyak darah entah diolah bagaimanapun yang penting makanannya baik untuk tubuh, entah ditumis dengan sayuran, buncis, ataupun direndang dan digoreng santan. Lebih baik ati sapi dibanding kan ati ayam.

 4. Makan daging

Daging sangat baik untuk meninggikan tensi darah kita untuk stabil, terutama daging kambing yang banyak lemaknya.

 5. Hindari daging ayam

Daging ayam dilarang untuk memiliki darah rendah, mungkin jika dihilangkan agak sulit maka lebih baik sedikit dihindari jika memang yang hoby makan daging ayam.

 6. Jus hambu

Jus jambu sangat baik untuk mereka yang memiliki darah rendah karena akan meningkatkan sel darah merah untuk tubuh.

 7. Makan teratur

Makan yang teratur akan membuat darah berjalan dengan normal, waktu sarapan pagi tidak lepas diatas pukul 09:00 pagi makan siang pukul 12:00 sampai pukul 13:00 siang dan makan malam pukul 19:00 sampai pukul 09:00 malam. Giatkan makan tepat waktu dari jam-jam yang telah ditentukan jika sore anda sudah lapar maka jangan makan nasi, lebih baik anda ngemil atau makan buah saja atau juga membuat jus dan lain sebagainya, karena kalau terlalu banyak makan akan menyebabkan kegemukan. Jika pada jam tertentu anda belum ingin makan, maka berusaha makanlah walau dipaksa walau hanya sedikit karena lama kelamaan akan terbiasa, itulah hidup normal dengan baik. (Khodijah)

_Semoga Bermanfaat_