Buah yang Baik untuk Atasi Sulit Tidur

buah cerry

TERASWARTA – Kesehatan | Masalah sulit tidur sering dialami oleh beberapa orang. Ada yang memang mempunyai kebiasaan tidur pagi dengan segala kegiatannya dan membuat kesulitan tidur sebelum pagi. Beberapa orang mengatasi masalah sulit tidur ini dengan mengkonsumsi pil atau obat tidur. Kebiasaan tidur dengan tidak teratur ini secara jangka panjang akan menjadi penyebab resiko penyakit tertentu.

Mengkonsumsi pil atau obat tidur tentu bukan menjadi solusi tunggal. Ada solusi lain yang lebih sehat dan alami. Salah satunya adalah mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung melatonin. Melatonin merupakan kandungan hormon yang terdapat pada tumbuhan, hewan dan mikroba yang dapat membantu mengatasi sulit tidur.

Buah yang baik untuk atasi sulit tidur ini adalah buah-buahan yang mengandung melatonin, lantaran ini sedikit banyak dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak. Namun mengkonsumsi obat tidur ini tentu saja harus dalam pengawasan atau resep dokter. Berikut buah, minuman  dan makanan  yang mengandung melatonin :

Susu hangat

Kandungan melatonin dari hewan terdapat pada susu. Susu yang dikonsumsi hangat dipercaya dapat mengatasi sulit tidur, membuat tubuh lebih tenang.

Oatmeal

Mengkonsumsi oatmeal pada waktu sarapan pagi dipercaya dapat membuat badan lebih sehat dan membuat tidur Anda berkualitas.

Roti tawar

Anda sering sarapan roti tawar di pagi hari? Tentu saja kebiasaan ini merupakan hal yang baik. Karbohidrat pada roti tawar dapat memancing produksi insulin. Tetapi konsumsi karbohidrat ini dalam porsi yang wajar.

Pisang

Kandungan potassium dan magnesium pada buah pisang dapat membantu melemaskan otot tubuh. Saat kondisi tubuh sehat dan rileks akan membuat tidur Anda lebih tenang dan nyenyak.

Buah cherry

Buah cerry memang merupakan buah yang tidak mudah ditemui di negeri ini. Biasanya buah cerry tersedia dalam bentuk kalengan atau buah segar. Buah cerry ini mengandung melatonin alami yang mampu membuat Anda tidur dengan nyenyak.

Begitu banyak cara yang dapat ditempuh untuk menjaga kesehatan. Membiasakan pola hidup yang sehat tentu akan menjadikan hidup Anda menjadi lebih tenang dan berkualitas. Menjaga pola tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari juga akan membuat Anda lebih sehat. Biasakan juga ketika hendak tidur Anda meletakkan pekerjaan dan menetralkan pikiran. (Christin)