Beberapa Hal yang Dapat Mempengaruhi Jenis Mimpi Anda

tidur berkualitas

TERASWARTA – Kesehatan | Tidur adalah salah satu cara yang paling baik untuk menetralkan pikiran dan tentu saja menjaga kondisi kesehatan Anda. Apabila dalam kehidupan sehari-hari Anda terlalu sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk tidur, tentu badan Anda semakin berkurang berat badannya, kulit menjadi kering dan muncul keriput, mata sembab dan kelopak mata hitam dan masih banyak lagi resikonya. Ketika tidur, Anda tak memerlukan jam tidur yang lama, tetapi yang Anda butuhkan adalah tidur yang berkualitas.

Berbicara mengenai tidur tentu dapat kita kaitkan dengan mimpi. Bagi sebagian orang mimpi adalah bunga tidur, atau mimpi itu merupakan pertanda atau petunjuk akan terdai sesuatu. Nah tentu saja mimpi tetaplah mimpi dan hanya sebagai bunga tidur. Mimpi indah akan membuat badan Anda fresh ketika bangun, tetapi apabila Anda bermimpi buruk tentu ketika bangun muka Anda juga menjadi kusut.

Mimpi hadir dalam pikiran saat Anda tidur dapat dipicu oleh berbagai hal seperti rangsangan dari luar, bau-bauan, suara dan lainnya yang diolah oleh tubuh dan akhirnya mempengaruhi mimpi tidur Anda. Berikut beberapa hal yang dapat mempengaruhi jenis mimpi Anda :

Posisi tidur

Perhatikan posisi Anda sebelum tidur. Hal ini berpengaruh pada jenis mimpi Anda. Ada kebiasaan sebagian orang tidur dengan tengkurap, miring, meringkuk dan terlentang. Posisi-posisi inilah yang akan mempengaruhi jenis mmpi Anda. Posisi tengkurap meisalnya, dapat bermimpi yang berkaitan dengan seksual, siksaan, perang atau mati. Cara terbaik agar tidur Anda nyenyak yaitu dengan memperhatikan posisi tidur dan mempertahankannya hingga Anda bangun.

Hentikan kebiasaan Anda

Kebiasaan minum kopi dan merokok di waktu malam tentu saja akan mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Netralkan pikiran

Kondisi stress dan pikiran yang tidak tenang dapat mempengaruhi kualitas dan mimpi tidur Anda. Biasakan menyelesaikan masalah secepatnya dan biasakan disiplin dengan waktu tidur Anda.

Bau

Aroma wewangian dari bunga mawar, parfum atau wewangian yang lain dapat mempengaruhi jenis mimpi tidur Anda. Bayangkan jika pada saat Anda hendak tidur terdapat aroma tidak sedap seperti kaos kaki, tentu akan membuat Anda marah dan suasana menjadi tidak menyenangkan. Hal ini terjadi karena sistem limbik pada otak, mengontrol kemampuan indera penciuman Anda sehingga mempengaruhi emosi aktif saat Anda tidur.

Membiasakan diri hidup dengan ceria, menyelesaikan maslah dengan cepat tentu dapat mempengaruhi kualitas pikiran begitu juga saat Anda tidur. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi jenis mimpi Anda seperti di atas saling berkaitan dengan kualitas hidup dan pikiran Anda. Pikiran yang tenang akan mempengaruhi ketenangan Anda beraktivitas juga saat tidur dan beristirahat. (Christin)