Tips Sehat dengan Tidur Berkualitas

Tidur berkualitas (foto : Ahmad roni)

Tidur berkualitas (foto : Ahmad roni)

TERASWARTA – Kesehatan | Untuk memperoleh kehidupan yang selalu sehat adalah dengan memberi waktu untuk istirahat yang berkualitas dalam hal ini adalah tidur. Saat Anda tidur tekanan darah menurun, sistem perbaikan tubuh berjalan dengan baik juga berkualitas. Selain sistem perbaikan tubuh berjalan, sistem pembuangan alami tubuh seperti ginjal, hati, sirkulasi darah juga bekerja dengan baik tanpa harus memproses racun tambahan dari radikal bebas atau makanan yang Anda konsumsi.

Untuk memperoleh kualitas dari sistem perbaikan tubuh, pembuangan alami tubuh maka kita harus memberi ruang dan waktu untuk tubuh kita beristirahat dengan baik. Salah satunya adalah tidur. Terkadang aktivitas yang padat membuat Anda tidak mempunyai waktu cukup untuk tidur. Tingkat stress dan depresi yang tinggi akan memberi efek pada kesehatan tentunya.

Berikut kami hadirkan tips agar dapat tidur yang berkualitas :

  • Jeda waktu makan paling tidak 3 jam sebelum tidur. Terkadang sesaat sehabis makan perut Anda masih terasa lapar, tetapi sebaiknya Anda cukup minum air putih maka akan terasa kenyang kembali.
  • Melakukan kebiasaan tidur yang baik dengan cara membatasi aktivitas sehingga pada jam tertentu Anda sudah berangkat tidur dan bangun juga dengan waktu yang sama setiap harinya.
  • Hindari konsumsi minuman seperti teh, kopi, alkohol. Sebaiknya Anda menggantinya dengan susu sebelum tidur.  Hindari juga konsumsi nikotin berlebih sebelum tidur.
  • Memastikan ruang tidur Anda mempunyai sirkulasi udara yang baik seperti jendela. Pastikan ruang tidur Anda bebas dari barang-barang yang berantakan seperti remot TV,buku, dan lain sebagainya.
  • Gunakan alas tidur yang nyaman bagi Anda
  • Hentikan pikiran-pikiran negatif Anda sebelum tidur atau memikirkan hal-hal yang berat.
  • Apabila Anda tidak bisa tidur atau belum bisa tidur saat akan disiplin mengatur waktu tidur, baliklah bantal Anda atau tidurlah tanpa bantal.

Hidup sehat tentu akan diperoleh dengan waktu istirahat yang cukup. Kualitas tidur bukan diperoleh dari lamanya waktu Anda tidur melainkan tidur yang nyenyak serta pulas. Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan fresh saat bangun setelah pulas.