Seksualitas Paska Melahirkan

Seksualitas pasca melahirkan (foto : wolipop.detik)

Seksualitas pasca melahirkan (foto : wolipop.detik)

TERASWARTA – Kesehatan | Sesaat setelah melahirkan tak sedikit wanita yang lantas menjadi seakan tidak percaya diri dalam kehidupan seksualitasnya sehari-hari karena tentu saja alasan takut sakit atau bisa jadi  dengan adanya perubahan fisik yang mau tidak mau memang akan dialami.

Beberapa hal yang terjadi adalah seperti tubuh menjadi gemuk, perut yang kemudian tak seramping sebelum melahirkan, munculnya garis-garis pada beberapa bagian perut dan sekitar pinggang yang disebabkan oleh kehamilan yang memang tak bisa hilang begitu saja paska melahirkan. Ini  yang kemudian tak jarang menjadi alasan akan perubahan perilaku seksual pada pasangan. Alih-alih adanya anak kemudian menjadi alasan lain keintiman yang harusnya tetap di jaga. Padahal ini tak perlu terjadi lantaran akibatnya bisa memperburuk keadaan bila tak disadari dan segera di atasi apalagi bila fase-fase penyembuhan paska melahirkan telah terlalui.

Untuk menjaga kehidupan seks pasangan yang sehat dan berjalan baik tentu ada beberapa hal yang harus salng disadari pasangan. Apa saja itu berikut adalah beberapa trik agar kehidupan seksualitas terjaga dan hangat.

Menerima keadaan :

Maksudnya adalah bahwa suami harus menerima keadaan istrinya yang mungkin tak akan seseksi dulu setelah melahirkan toh ini juga oleh akibat keinginan anda berdua tentunya. Seorang wanita juga harus lebih percaya diri tentunya dengan cara menerima diri bahwa memang ada perubahan dan tak perlu juga harus menutup-nutupinya. Perlu memang kemudian berbagai cara bak anda lakukan seperti senam paska melahirkan dan sebagainya. Wajib bagi suami untuk mendukungnya.

Meluangkan waktu khusus :

Ini menjelaskan sebuah asumsi bahwa setelah melahirkan anda akan disibukkan dengan aktifitas merawat tumbuh kembang anak, namun demikian wajib kiranya menyediakan waktu yang khusus bagi anda dan pasangan untuk berintim ria. Ini penting untuk menjaga hubungan haromonis anda berdua. Sesekali perlu juga anda berdua pergi ke suatu tempat yang nyaman diwaktu tertentu. Tak ada salahnya juga menitipkan anak ke orang tua barang beberapa jam dengan tentu menyiapkan segaa sesuatunya untuk anda tinggal berdua dengan pasangan. Orang tua anda tentu akan paham juga akan hal ini.

Lakukan  hal baru :

Maksudnya adalah anda dan pasangan perlu juga mencoba hal baru dalam berhubungan seks. Bila anda malu berkonsultasi dengan seseorang saat ini tentu telah ada banyak sekali informasi yang bisa menjadi refernsi bagi anda dan pasangan agar anda menemukan hal baru tentunya dalam berhubungan dengan pasangan terlebih paska anda melahirkan.

Jangan tergesa-gesa :

Ini perlu anda lakukan untuk mencari kenyamanan anda berdua. Komunikasikan dengan pasangan anda apa yang anda rasakan dan inginkan dengan perbincangan yang baik dan hangat. Carilah kembali hal-hal yang bisa membuat anda dan pasangan kembali bergairah semisal dengan melakukan foreplay kesukaan anda berdua sebelum hamil dan melahirkan atau bisa jadi dengan cara baru.

Demikian  tips kesehatan paska melahirkan yang semoga bermanfaat. Bukan hal tabu tentunya berbicara tentang hal ini demi sebuah informasi positif karena apapun alasannya kenyamanan anda dan pasangan dalam sebuah hubungan seksual ini menentukan banyak hal pada akhirnya.